Bupati Sorong Meresmikan Jembatan Sungai Mariat SP 2

IMG 20210201 095629

IMG 20210201 095629

Matapapua – Aimas : Salah satu tujuan dibangunnya infrastruktur yakni untuk memudahkan akses pendukung lalu lintas transportasi terutama untuk memperpendek jarak tempuh untuk menghemat waktu dan bahan bakar kendaraan, hal inilah yang melandasi dilakukan pembangunan jembatan di Mariat yang telah diresmikan Bupati Sorong dan mulai dapat dipergunakan masyarakat.

Bupati Sorong, Johny Kamuru menjelaskan selama ini akses warga Kabupaten dari Aimas menuju ke SP harus memutar jauh dari tugu merah, namun dengan adanya jembatan ini, warga dapat memanfaatkan akses jalan di pertigaan depan KPU melintas hingga ke SP1, sehingga dengan demikian memudahkan warga yang melintas.

” Dengan adanya jembatan ini apabila ada masyarakat yang berada di wilayah Aimas menuju SP dan wilayah sekitarnya sudah langsung melalui jalur ini saja. Jadi, mereka (masyarakat) tidak harus berputar cukup jauh melalui jalur Tugu Merah ” kata Bupati Sorong Johny Kamuru.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum menjelaskan, jembatan Mariat dibangun dengan panjang 25 meter dan 20 lebar, awal pembangunan ditahun 2019 menggunakan tiang pancang baja dibagian bawah, dengan total anggaran tahap I sebesar Rp20,7 Milyar sedangkan tahap II sebesar Rp1,9 Milyar, dimana anggaran tersebut termasuk pengecoran jalan yang melintas menuju dan dari jembatan.

” Fondasi jembatan tiang bawah dengan menggunakan tiang pancang baja abutment jembatan Eprocurement walk, dan penggunaan struktur bagian atas jembatan ini adalah jembatan beton. Sedangkan jembatan sendiri dengan bentangan sungai 25 meter dan lebar 20 meter mengikuti lebar badan jalan yang sudah ada, dan alur sungai lama kita timbun dan di atasnya kita lapisi dengan perkerasan pasir batu (sirtu). Sehingga untuk sementara mobilisasi kendaraan yang belum ditingkatkan sepanjang 185 meter ini sudah bisa digunakan ” kata Herizet

Kawasan jalan dan jembatan yang baru selesai dibangun ini rawan terkena banjir dimusim penghujan tiba, namun setelah dilakukan perhitungan, maka sungai yang berbelok dilakukan pelurusan guna melancarkan arus air disaat musim penghujan tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top