Bawaslu Kabupaten Sorong akan mengadakan PSU

Aimas : Menindaklanjuti temuan kecurangan dilapangan pada saat pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024, Bawaslu Kabupaten Sorong akan merekomendasikan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 5 Mariat Pantai Distrik Aimas

 

Katua Bawaslu Kabupaten Sorong Agustinus Simson Naa menjelaskan bahwa pada pelaksanaan pemilu di TPS 5 terdapat kecurangan.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan temuan kecurangan yang terjadi ialah bahwa undangan untuk memilih atau formulir C6 sudah di pakai orang lain. Hal ini terungkap saat warga yang bersangkutan ingin memilih tidak dapat memilih karena di daftar sudah dinyatakan sudah memilih.

 

“Pada saat pencoblosan kemarin tanggal 14 semua berjalan baik cuma kemudian ada temuan bahwa ada beberapa yang hak pilihnya di pakai orang lain. Jadi warga disitu yang namanya ada di DPT yang seharusnya mendapatkan surat pemberitahuan namun tidak mendapatkan” ungkap Simson.

 

Dirinya menambahkan setelah pihaknya melakukan pemeriksaan kepada 12 orang serta mengumpulkan bukti-bukti, dapat disimpulkan di TPS 05 berpotensi PSU.

“Setelah memeriksa, melihat dan meminta keterangan dibuktikan dan benar ada potensi” tambah Simson.

 

 

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sorong Frengki Duwith membenarkan kejadian tersebut, pihaknya masih menunggu surat rekomendasi dari Bawaslu untuk penetapan PSU.

 

Dirinya menambahkan bahwa Barang Bukti (BB) kertas suara sudah ada dan telah diamankan.

 

“Kami tetap menunggu rekomendasi, karena sampai hari ini kami belum menerima, namun BB sudah ada” tambah Frengki

 

Dirinya mengaku bahwa sudah melakukan tahapan pemilu secara maksimal dan profesional.

Dalam tahapan rekrutmen KPPS pun dirinya sudah mengaskan agar tidak membawa kepentingan individu dalam bekerja.

 

“Kami sudah melaksanakan tahapan secara maksimal dan profesional. Sebelumnya Kami sudah dengan tegas menyampaikan kepada seluruh KPPS agar tidak membawa kepentingan” kata Frengki.

 

Selanjutnya Bawaslu akan menerbitkan surat rekomendasi sehingga 10 hari kedepan akan segera di adakan PSU di TPS 05.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top