Banyak Keluhan Sakit, Posko Baktikes Akabri 91 Didatangi Ratusan Warga Klabinain

AIMAS – Posko Bakti Sosial (Baksos) dan Bakti Kesehatan (Baktikes) Akabri 91 yang diselenggarakan oleh Komando Armada (Koarmada) III Sorong didatangi ratusan masyarakat Kelurahan Klabinain, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong guna melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Sabtu (21/10/2023).

Antusias warga Kalbinain mendatangi pos pelayanan Kesehatan yang dibuka di buka di
Kelurahan Klabinain, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong cukup signifikan, terpantau hampir sekitar 100 orang masyarakat yang meminta pemeriksaan kesehatannya.

Mayoritas masyarakat tersebut mengeluhkan sakit flu dan batuk pada anak, serta keluhan sakit pinggang dan pegal-pegal pada orang tua. Hal tersebut diungkapkan tenaga kesehatan bantuan Polres Sorong, IPDA dr. Rumbawani Rumata, yang menangani langsung sejumlah pasien tersebut.

 

“Kami banyak mendapatkan keluhan sakit-sakit ringan, pada anak mayoritas flu atau batuk dan pilek, ada sesak nafas juga. Kemudian untuk orang dewasa dan orang tua yang dikeluhkan adalah sakit pinggang, sakit punggung atau nyeri pada bagian sendi dan bagian tubuh lainnya,” ungkap IPDA dr. Rimbawani.

Adapun beberapa penyakit yang dikeluhkan masyarakat yaitu dipengaruhi juga oleh pola hidup masyarakat setempat. Apalagi kondisi air yang selama ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat juga mungkin kurang bersih sehingga menyebabkan flu, batuk, pilek dan gatal. Bukan hanya itu, kondisi jalan yang tak pernah urut dari debu juga diduga menjadi pemicu saluran pernafasan.

Sementara itu, lanjut dr. Rimbawani bahwa kondisi masyarakat dengan keluhan sakit pinggang maupun sakit punggung kemungkinan dipengaruhi oleh pekerjaan masyarakat setempat yang merupakan pekerja kasar.

“ Di sini senagian besar orang tua latar belakang pekerjaannya adalah mencari dan mengangkut batu karang, atau kayu mangrove maupun pekerjaan kasar lainnya. Selain itu, tak sedikit warga juga mengalami hipertensi, asam urat dan maagh. Ujarnya

Sementara itu, warga Kelurahan Klabinain, Angganeta mengaku sangat berbahagia dan terbantu dengan adanya program bakti kesehatan perdana dari Koarmada III di wilayahnya.

Angganeta mengatakan, selama ini satu-satunya fasilitas kesehatan yang diakses masyarakat untuk pengobatan ringan adalah di Puskesmas Malawili. Dimana Puskesmas tersebut merupakan Puskesmas besar yang menjadi sentra pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Distrik Aimas.

“Puskesmas Malawili jaraknya memang agak lumayan jauh dari sini, tapi hanya itu fasilitas kesehatan yang paling dekat dari sini dan sudah pasti dimanfaatkan masyarakat. Oleh sebab itu, masyarakat khsusunya saya pribadi merasa bersyukur sekali Koarmada III adakan kegiatan ini di sini,” sebut Angganeta.

“Sehingga masyarakat tidak perlu pergi ke Puskesmas Malawili, bahkan petugas Puskesmasnya juga ikut melayani kami hari ini,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut sebelumnya, Panglima Koarmada III, Lalsamana Muda TNI Rachmad Jayadi menyebutkan, bahwa dalam kegiatan bakti kesehatan kali ini, pihaknya melibatkan kekuatan penuh tenaga kesehatan angkatan laut serta dibantu oleh para Nakes dari Puskesmas Malawili dan Polres Sorong.

” Adapun ketersediaan sejumlah obat-obatan juga dipastikan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat, bahkan jumlahnya berlebih,” beber Pangkoarmada III.

Selain bakti kesehatan, tambahnya, Koarmada III juga melaksanakan bakti sosial dengan membagikan ratusan paket Sembako kepada masyarakat di lokasi kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top