32 Pemuda dan Pemudi Papua dari Kabupaten Sorong akan Diberangkatkan ke Jepang Mengikuti Kursus

50BDA00B CA16 4923 8812 6D7F7D03BB46

50BDA00B CA16 4923 8812 6D7F7D03BB46

Matapapua – Aimas : Sebanyak 32 pemuda keterwakilan Anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sorong rencananya akan diberangkatkan ke Jepang pada November 2019 untuk mengikuti kegiatan Young Entrepreneur Leadership selama kurang lebih 2 minggu.

Pemudi pilihan Bupati Sorong sebagai peserta pelatihan, Wendy Pangala menjelaskan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Sorong telah mengirim 30 anggota KNPI untuk mengikuti kegiatan Young Entrepreneur Leadership di Bandung dan Bogor di Tahun 2018.

Dari 30 orang yang berangkat ke Bandung dan Bogor dimaksud, hanya 15 orang yang terpilih untuk mengikuti kegiatan lanjutan ke Jepang. Namun, dari beberapa distrik lainnya, terdapat penambahan untuk tahap kedua sehingga jumlah anggota KNPI yang berangkat menuju Jepang sebanyak 32 orang.

“32 orang anggota KNPI yang berangkat ini, berasal dari 32 Distrik di Kabupaten Sorong,” kata Wendy Pangala, ditemui di Aula Kantor Bupati Sorong saat melakukan pemeriksaan kesehatan.

Selain pemeriksaan kesehatan, seluruh anggota KNPI Kabupaten Sorong juga sedang mengurusi administrasi berupa Passport dan Visa serta tarian daerah yang nantinya akan ditampilkan saat tiba di Jepang.

“Kita sekarang ini lagi mengurusi administrasi sekalian berlatih tarian daerah,” ucapnya.

Keberangkatan anggota KNPI Kabupaten Sorong yang terpilih melalui seleksi Bupati Sorong, Johny Kamuru dan Ketua KNPI Kabupaten Sorong, Karlos Kalasuat, pembiayaan kegiatan ini seluruhnya menggunakan APBD Kabupaten Sorong.

Dari program kepemimpinan tersebut, diharapkan anggota KNPI yang berangkat ke Jepang dapat kembali ke daerah, khususnya di distrik masing-masing untuk menerapkan kembali ilmu yang diterima saat berada di Jepang. Seperti halnya, yang dilakukan Wendy ketika kembali dari Bogor dan bandung terhadap pantai Walio di Seget.

“Ilmu yang kita terima dari Jepang nantinya kita terapkan kembali ke wilayah kita masing-masing, untuk meningkatkan sumber daya alam yang ada, baik perkebunan, perikanan atau wisata” jelasnya.

Bupati Sorong, Johny Kamuru melalui Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Sorong, Juen Flora Adeltje Samson membenarkan rencana pemberangkatan 32 pemuda ke Jepang, Senin (28/10), kegiatan ini kata Juen Flora Adeltje Samson merupakan inisiasi Bupati Sorong, Johny Kamuru untuk pemuda di Kabupaten Sorong, dengan tujuan agar menambah wawasan, ilmu dan pengalaman kewirausahaan dan kepemimpinan, hal ini juga untuk membuka pola pikir dan tidak cenderung berpikir menjadi PNS.

” Program ini merupakan inisiatif dari Bapak Bupati Sorong, untuk menyiapkan pemuda – pemudi Papua kita agar dapat menjadi wirausahawan dan pemimpin yang memiliki kapasitas, mengingat banyak anak muda saat ini yang masih memikirkan diri menjadi PNS, padahal kita tahu sendiri Quota dan pelaksanaan test-nya pun tidak menentu, harapannya kita siapkan mereka, dan ini tahun kedua, tahun lalu mereka mengikuti kegiatan serupa di Bandung dan Bogor” terang Juen Flora Adeltje Samson.

Sesuai rencana 32 pemuda ini akan bertolak ke Jepang pada tanggal 9 November dan mengikuti kegiatan hingga tanggal 15 November.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top