Vaksin Sinovac Telah Tiba, Maybrat Siap Melakukan Vaksinasi

IMG 20210130 WA0007

IMG 20210130 WA0007

Matapapua – Maybrat : Vaksin Sinovac telah disalurkan hampir di seluruh daerah Indonesia untuk menjaga kekebalan tubuh guna mencegah penyebaran Covid-19. Mengingat virus tersebut sangat membahayakan jiwa manusia, dengan demikian pemerintah RI berkomitmen untuk melakukan vaksinasi.

Oleh karena itu, Kabupaten Maybrat telah memperoleh sebanyak 560 buah vaksin sinovac Covid-19 dari Provinsi Papua Barat dan telah tiba di Kumurkek ibu kota Kabupaten Maybrat, Jum’at (29/1/2021, dikawal ketat aparat Brimob Polda Papua Barat, Polres Sorong Selatan dan Polres Persiapan Maybrat.

Pendistribusian vaksin tersebut, diantar langsung pihak Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dari Manokwari dan dijemput pemerintah Kabupaten Maybrat melalui Sekda Maybrat, Johni Way, Asisten II Setda Kabupaten Maybrat, Engel Turot, Kepala Dinas Kesehatan Masbrat Paber Hutahaean, kepala BPBD Maybrat, Hosea Solossa dan Kabid P2P Dinas kesehatan Maybrat, Niko Yumame di Sorong.

Kepala dinas Kesehatan Maybrat, Paber Hutahaean menjelaskan bahwa Maybrat siap melakukan Vaksinasi dengan target kali ini adalah tenaga kesehatan, namun pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Bupati Maybrat untuk penetapan jadwal Lounchin vaksinasi

“Vaksin akan dilakukan pertama bagi tenaga kesehatan sesuai data yang telah kita lakukan. Tetapi kami masih koordinasi dengan Bapak Bupati untuk waktu Lounchingnya,” jelas Paber.

Dirinya menjamin keamanan penyimpanan vaksin tersebut karena bekerja sama dengan pihak keamanan agar vaksin tetap utuh dan aman. Ia juga menjamin penyimpanan vaksin di tempat yang kering dengan suhu yang cukup baik sehingga tidak berdampak pada kesehatan masyarakat nantinya.

“Untuk keamanan kami akan berkoordinasi dengan polres Persiapan Maybrat dan pihak TNI untuk menjaga vaksin yang ada. Kami menyimpan vaksin ini di tempat yang suhunya bagus. Takutnya kena air, akan berdampak pada kesehatan masyarakat,” tuntasnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Nofiska Rumabar, SKM menambahkan bahwa pihaknya mengharapkan agar vaksin yang telah tiba di Kabupaten Maybrat bisa dimanfaatkan untuk mengatasi Pandemik COVID-19. Hal ini dilakukan agar meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari bahaya virus tersebut.

“Kita lihat dari tempat pemeliharaan suhu untuk Kabupaten Maybrat ini aman karena tempat penyimpanan suhunya sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa harus berada di atas 2-8 derajat celsius,” ujarnya.

Meskipun jangkauan akses transportsi sangat jauh antara Kota Sorong dengan Kabupaten Maybrat yang menyita waktu sekitar 5 jam perjalanan, namun vaksin tiba di Kumurkek dalam kondisi yang aman dan sementara vaksin masih disimpan di kantor Dinas Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top