Tanggap COVID-19, ANJ Berikan Pelatihan Penanganan Pasien Positif COVID-19

IMG 20200504 WA0087

IMG 20200504 WA0087

Matapapua – Sorong Selatan : Dalam upaya membangun koordinasi dan respons yang tepat dan cepat,PT Permata Putera Mandiri (PPM) menggelar latihan penanganan pasien Covid-19 di area perkantoran PPM (Hexagon).

Gritje Fonataba, Kepala Hubungan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan ANJ untuk wilayah Papua, menjelaskan tujuan simulasi atau latihan ini adalah untuk memantapkan respons penanganan bila ada pasien Covid-19 di wilayah kerja ANJ di Kabupaten Sorong Selatan.

“Latihan ini dilaksanakan agar timmedis kami dan petugas yang ditunjuk mampu memahami dan menjalankan tugasnya masing-masing. Skenario yang digunakan mencakup rangkaian tindakan medis untuk pasien kritis, evakuasi kerumah sakit rujukan pemerintah, penanganan pasien meninggal dan pemakaman, semua simulasi atau latihan mengacu pada prosedur penanganan yang diberikan oleh Tim GugusTugas Covid-19 Kabupaten Sorong Selatan” papar Gritje, Sabtu (2/5).

Skenario simulasi diawali dengan adanya panggilan darurat melalui radio HT oleh seorang asisten kebun tentang keberadaan dua orang yang diduga terjangkit Covid-19.

Setelah informasi diterima, tim medis dengan APD lengkap segera menangani kedua orang tersebut sesuai dengan protokol dan prosedur penanganan pasien Covid-19.

Dalam skenario simulasi kali ini, kata Gritje, tim medis perusahaan juga belajar menerapkan protokol penanganan terhadap pasien meninggal karena gagal jantung yang dipicu oleh demam tinggi dan sesak nafas.

Selain mensimulasikan penanganan jenazah yang di duga terinfeksi Corona, tim medis juga melakukan latihan evakuasi bagi pasien kritis dengan perahu ambulans ke-Sorong melalui Teminabuan.

Latihan yang dilaksanakan oleh satuan gugus tugas Covid-19 PPM ini melibatkan seluruh divisi, dan dihadiri oleh tim dari PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) dan PT ANJ Agri Papua (ANJAP), unit usaha GrupANJ yang juga beroperasi di Sorong Selatan.

Pelatihan ini telah dikoordinasikan dan dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Sorong Selatan, Puskesmas Kais dan Puskesmas Metemani yang sangat mengapresiasi simulasi yang dilakukan PPM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top