PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim Gelar Aksi Menanam Pohon Buat Bersama Warga

Kasim : Memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November, PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim (PT KPI RU VII) menyelenggarakan Program Penanaman 1.000 Pohon Darat di Kampung Kasimle, Distrik Seget, Kabupaten Sorong. Penanaman ini dilaksanakan dengan melibatkan berbagai lapisan pemangku kepentingan, baik dari kelompok masyarakat, pemerintah, sekolah, dan organisasi adat. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 80 peserta ini merupakan bentuk upaya pengelolaan lahan kritis serta menambah RTH (Ruang Terbuka Hijau). Adapun pohon yang ditanam berupa Pinang, Rambutan, Mangga, dan Durian yang notabene merupakan tumbuhan produktif yang tidak hanya menambah kelestarian alam namun dapat meningkatkan produktivitas lahan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Supervisor Legal Counsel, Henry Manurung saat mewakili General Manager RU VII Kasim mengatakan Pertamina terus berkomitmen untuk membangun lingkungan yang asri ditengah bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

“Apa yang kami lakukan hari ini sejalan dengan Visi Misi perusahaan kami untuk terus mengelola lingkungan secara bertanggung jawab. Tidak hanya di Kasimle saja, tapi kami terus mengelola dan mendampingi kampung-kampung di Distrik Seget. Kami sangat senang, masayrakat menunjukkan antusias yang luar biasa dalam menyambut program program kami,” kata Henry Manurung, Supervisor Legal Counsel dalam sambutannya mewakili General Manager RU VII Kasim.

Moses Klawamon, Kepala Kampung Kasimle menyampaikan apresiasi atas gerakan menanam pohon buah-buahan yang diprakarsai oleh PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim, program ini akan memiliki dampak berganda bagi masyarakat karena tidak sebatas pelestarian lingkungan semata.

 

“Terimakasih kepada Pertamina Kilang RU VII Kasim yang secara rutin telah mengembangkan masyarakat Kampung Kasimle melalui program-program CSR. Kami berharap dari 1000 bibit pohon yang kita tanam hari ini 3-4 tahun kedepan dapat kita petik buahnya dan bersama-sama kita nikmati.” Kata Moses Klawamon, Kepala Kampung Kasimle dalam sambutannya.

Kabid Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Abihud Gifelem, Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan untuk menjalankan bisnis berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Perusahaan secara aktif mendorong berbagai kegiatan perbaikan lingkungan dan mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan dalam proses bisnis.

“Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong sudah banyak melakukan kerjasama dengan Pertamina Kilang RU VII Kasim dalam kegiatan-kegiatan lingkungan. Salah satunya melalui Program Kampung Iklim. Oleh sebab itu, RU VII Kasim selalu kami jadikan rujukan dan percontohan bagi perusahaan lain, agar mereka dapat mengikuti jejak RU VII Kasim dalam mengelola lingkungan dan masyarakat. Harapannya, apa yang kita tanam hari ini, dapat dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita di masa depan.
Pencapaian Proper Emas menjadi bukti bagaimana Pertamina melalui PT KPI RU VII Kasim selalu perduli terhadap lingkunganya.“ ujar Abihud Gifelem, Kabid Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.

Libatkan Anak-Anak Sebagai Wujud Edukasi Pengelolaan Lingkungan

Pada kesempatan kali ini juga melibatkan siswa – siswi SD Negeri 16 Kampung Kasimle, Kabupaten Sorong. Hal ini kata Area Manager Communication Relation CSR and Compliance RU VII Kasim, Dodi Yapsenang merupakan langkah untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi agar peduli terhadap lingkungan sekitar, pelajar kelas satu sampai kelas enam terlibat berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon darat ini. Selain itu, mereka dihimbau untuk terus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta membantu merawat bibit pohon yang telah ditanam.

“Adek-adek sebagai penerus Bumi ini harus diajarkan mulai sekarang untuk terus menjaga bumi mereka, lingkungan mereka, agar terus terjaga kelestariannya salah satunya menanam pohon di lahan kosong agar bisa lebih produktif lagi kedepannya,bukan ini saja juga mengajak mereka untuk menjaga merawat lingkungan mereka agar terus terjaga kelestariannya.
Harapannya di masa yang akan dating mereka dapat menjadi agen-agen perubahan bagi lingkungan,” ujar Dodi Yapsenang selaku Area Manager Communication Relation CSR and Compliance RU VII Kasim di sela – sela kegiatan penanaman.

“Keadaan bumi kita sudah tidak baik-baik saja, maka dari itu kita harus memperbaiki dan merawat lingkungan kita, agar bumi kita kembali sehat, kalau bukan kita siapa lagi? Ayo kita bersama-sama mengubah pola pikir kita, agar lebih peduli dengan lingkungan sekitar.
Penanaman pohon darat sudah kami lakukan secara terus menerus,begitupun pohon mangrove baik di lingkungan perusahaan maupun kampung-kampung sekitar distrik Seget ini,juga di Kabupaten Sorong kerja sama selalu kami lakukan dengan stakholder baik dari Masyarakat, Pemerintahan kampung, Pemerintahan Distrik, TNI/Polri, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten, anak-anak sekolah dan sebagainya” lanjut Dodi Yapsenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top