Pj Gubernur Papua Barat Lepas Kontigen Jambore Sebanyak 208 Peserta dari 13 Kwartir Se-Papua Barat

0 IMG 20220806 164351

0 IMG 20220806 164351

Matapapua – Sorong : Kwartir Daerah Pramuka Papua Barat mengutus kontingen Jambore Nasional XI Gerakan Pramuka Tahun 2022, pelaksanaan Jambore Nasional Ke-XI tahun 2022 dilaksanakan pada 14 sampai dengan 21 agustus 2022, bertempat di bumi perkemahan pramuka cibubur Jakarta Timur.

Tema yang diusung dalam pelaksanaan Jambore Nasional XI, yakni melalui Jambore Nasional Ke-XI ‘wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi Motto Satiaku, Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan’, sebelum diberangkatkan digelar apel pelepasan kontingen Nasional XI tahun 2022 kwartir daerah Papua Barat di Pelabuhan Sorong, Sabtu (6/8).

Ketua Kwartir Daerah Kegiatan Pramuka Papua Barat, Muhammad Lakotani dalam laporannya mengatakan Jambore National XI tahun 2022 adalah sarana pendidikan dan pertemuan berbagai anggota pramuka penggalang yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebanggaan yang ber-bhinneka sebagai manusia yang pandai dan beriptek yang berjiwa Pancasila.

” Jambore Nasional kali ini pelaksanaan tidak sama dengan pelaksanaan jambore sebelumnya, semua peserta perkemahan pada Jambore Nasional XI tahun 2022 harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan mematuhi semua aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia. Jambore Nasional gerakan Pramuka XI tahun 2022 bertujuan untuk membentuk sikap perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan persatuan, di kesatuan pramuka penggalang. Serta komitmen dan penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu santia dan dharma pramuka” kata Lakotani.

Ia menambahkan sasaran dari kegiatan Jambore Nasional ke-XI 2022, yakni meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, me.bentuknya tali persaudaraan dan upaya membangun jati diri bangsa.

” Meningkatnya mental fisik pengetahuan jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri, meningkatnya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat bangsa dan negara. Dalam bentuk bela negara di berbagai bidang, serta menambahkan pengalaman dan keterampilan meningkatkan kepedulian dan aksi pramuka dalam membantu penanggulangan covid 19″ ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakanpada Jambore Nasional ke-XI tahun 2022 yang pertama adalah arahan arahan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan yaitu mengarah kepada upaya pencapaian tujuan gerakan pramuka yaitu pembinaan spiritual, emosional sosial, intelektual dan fisik

” Dalam rangka membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri kegiatan dilaksanakan dalam perkemahan induk sejumlah 80 persen dan di luar perkemahan induk sejumlah 2 persen. Sifat kegiatan dalam Jambore Nasional XI tahun 2022 dilaksanakan melalui pendekatan yang bersifat edukatif, rek kreatif, produktif, inovatif, kompetitif, dan menantang” terangnya.

Kegiatan-kegiatan dalam Jambore Nasional ke-XI tahun 2022 dilaksanakan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dalam bentuk permainan diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi.

” 4 jenis kegiatan dalam perkemahan kemudian kegiatan rotasi dan kegiatan anggota dewasa ini terdiri oleh Pinkon atau pimpinan kontingen dan pembina pendamping” tambah Lakotani.

Ketua Majelis Pembimbing Kamabida Gerakan Pramuka Papua Barat, Paulus Waterpauw mengatakan penyelenggaraan apel pelepasan kontingen nasional XI tahun 2022 kwartir daerah Papua Barat dengan penuh semangat kebersamaan dan gembira.

” Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda Indonesia, yang dipercayakan oleh pemerintah untuk melaksanakan pendidikan karakter kaum muda Indonesia, gerakan Pramuka diharapkan mampu meningkatkan keterampilan, juga ilmu pengetahuan, ketangkasan disiplin, juga kuat fisik dan mental sehingga menjadi generasi muda yang tangguh dan menjadi harapan bangsa dan kelak menjadi penerus dan pengembang cita-cita perjuangan bangsa yang setia pada pancasila dan undang-undang dasar tahun 1945 dibawah naungan negara kesatuan Republik Indonesia” kata Ketua Majelis Pembimbing Kamabida Gerakan Pramuka PB, Paulus Waterpauw.

Kegiatan besar Jambore Nasional XI tahun 2022 akan berlangsung pada tanggal 14 sampai dengan 21 agustus 2022 itu adalah sebuah acara pendidikan anak bangsa yang sangat penting di mana kegiatan tersebut mempertemukan seluruh anak bangsa dari penjuru Indonesia.

” Kita berbeda suku, juga berbeda agama, berbeda bahasa daerah, kultur dan sikap tabiat. Namun demikian dengan kekuatan pendidikan dan pelatihan yang disiplin dengan prinsip dasar dan menggunakan metode kepramukaan adik-adik sekalian harus tetap dapat berkegiatan dengan damai, juga bersahabat tolong-menolong juga bergembira dan berkarakter unggul ” ungkapnya.

Ia berharap kepada adik-adik pramuka harus tetap taati ketentuan-ketentuan yang akan dipandu oleh kakak-kakak pembimbing yang mendampingi adik-adik sekalian, mudah-mudahan perjalanan dari lepas pelabuhan Kota Sorong ini keadaan laut cuaca dan lain sebagainya itu aman sampai di tempat tujuan adik-adik pramuka sekalian.

” Jambore Nasional XI tahun 2022 ini juga merupakan pesta penggalang tingkat Nasional dan tahun ini mengambil tema yaitu melalui kegiatan Jambore Nasional XI tahun 2022 kita wujudkan pramuka yang berdedikasi dan berprestasi, Adik-adik adalah pilihan anak-anak bangsa pilihan dari Kabupaten masing-masing minimal menjaga nama baik dari Kwarcab masing-masing, membawa nama baik keluarga Papua Barat, dan kalau bisa berprestasi nanti di berbagai event-event di tingkat Nasional silahkan, itulah waktu yang tepat untuk adik-adik pramuka Papua Barat tunjukkan prestasi mu sekarang ” harapnya.

Tema tersebut diharapkan dapat menjadi panduan memotivasi adik-adik semua dan kita semua khususnya adalah adik-adik penggalang beserta Jambore Nasional XI tahun 2022, untuk mengikuti berbagai kegiatan dan lomba bidang keterampilan khususnya ditingkat Nasional untuk mewakili Provinsi Papua Barat.

” Pada adik juga peserta Jambore Nasional yang kakak banggakan dari ribuan siswa di Provinsi Papua Barat hanya beberapa adik-adik ini yang terpilih dan dipercaya sebagai peserta Jambore Nasional tahun ini, mewakili Kwartir Cabang yaitu Kabupaten masing-masing dan mewakili Provinsi Papua Barat dan juga mewakili kita semua” ucap Paulus Waterpauw.

Waterpauw berpesan untuk menjaga semangat kebersamaan, kekompakan tim dan regu untuk meraih prestasi dalam setiap lomba, demi kehormatan pribadi keluarga pemerintah daerah dan mengharumkan nama Provinsi Papua Barat, ingat bahwa peserta Jambore Nasional tahun ini akan datang dari provinsi di Indonesia dan juga di beberapa Negara tetangga.

” Maka saya harapkan sebagai adik adik peserta Jambore Nasional Papua Barat senantiasa harus tampil ceria dengan mengibarkan semangat persaudaraan antar sesama pramuka, penggalang mendedikasi diri, menjaga pada semua kegiatan untuk memperoleh prestasi yang membanggakan bagi Provinsi Papua Barat” pungkasnya.

Peserta Jambore Nasional XI tahun 2022 Kwartir daerah Papua Barat terdiri oleh peserta pramuka penggalang umum setiap Kwartir Cabang mengirimkan 16 orang pramuka penggalang yang dikelompokkan jadi satu regu putra dan 1 regu putri yang masing-masing regu beranggotakan 8 anggota penggalang total keseluruhan peserta 208 orang berasal dari 13 Kwartir Cabang Se-Papua Barat.

Pembina pendamping sebanyak 2 orang terdiri dari pembina pramuka mahir penggalang di setiap Kwartir Cabang dengan komposisi satu orang putra dan 1 orang putri total pembina pendamping adalah sebanyak 26 orang dari setiap Kwartir Cabang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top