Peserta CPNS Kabupaten Maybrat Ikuti Latsar Formasi 2018

IMG 20210825 WA0011

Matapapua-Maybrat: Pemerintah Kabupaten Maybrat melalui Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia melakukan pembekalan Habituasi pelatihan dasar CPNS Formasi 2018 tahun anggaran 2021 dengan melibatkan Pusat pelatihan dan pengembangan dan kajian management pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makasar. 

Andi Wahyudi, Widya Swara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makasar, mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini adalah pembekalan Habituasi bagi peserta CPNS. Hal ini merupakan sebuah syarat untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

“Kegiatan tersebut merupakan rangkaian latihan dasar CPNS yang bekerja sama antara pemerintah kabupaten Maybrat dengan pusat pelatihan dan pengembangan dan kajian management pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makasar,”jelasnya, Rabu (25/8/2021)

Dalam Kurikulum  Lasar itu, kata Andi Wahyudi terdiri dari Empat agenda yaitu sikap prilaku bela Negara, dasar PNS, peran dan kedudukan PNS dalam NKN serta Habituasi.

“Peserta latsar kemarin sudah masukan seminar rancangan aktualisasi menyampaikan dihadapan penguji dan mentor apa kegiatan yang mereka akan laksanakan di intansi mereka ketika mereka kembali,”tuturnya.

Dirinya menjelaskan, tujuan latsar ini untuk membentuk para CPNS yang nantinya menjadi PNS yang profesional sebagai pelayanan masyarakat. Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat akan terlaksana dengan baik untuk kemajuan kabupaten Maybrat lebih baik melalui SDM yang profesional.

Plt, Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia Kabupaten Maybrat, Ismail menjelaskan, kegiatan pembekalan habituasi pelatihan dasar CPNS Formasi 2018 tersebut dibagi dalam Tiga tempat yakni di Aula pertemuan Setda, SD Inpres 13 Kumurkek dan SMU Negeri 1 Aifat.

“Karena peserta terlalu banyak, maka kami bagi dalam Tiga tempat untuk menghindari kerumunan. Mengingat kegiatan ini ditengah pandemi Covid-19 sehingga perlu mencegah,” tetang Ismail.

Foto Bersama Peserta Latsar CPNS Kabupaten Maybrat Formasi 2018

Dirinya menambahkan, kegiatan Habituasi ASBN akan dilakukan peraturan baris berbaris sampai malam api unggun. Sementara gelombang kedua nantinya akan dilakukan pada hari Juum’at, tanggal 27 Agustus dalam kegiatan yang sama.

“Hari ini adalah hari terakhir sehingga akan dilakukan sampai pada malam api unggun. Dan semua kegiatan ini guna membina peserta agar dapat melaksanakan tugas di instansi masing-masing dengan baik dan benar,” terangnya.

Dijelaskannya, kegiatan selama ini dilaksanakan secara online mengingat Pandemi Covid-19. Namun kegiatan tatap muka mulai sejak hari Senin sampai jumat.

Untuk diketahui bahwa gelombang pertama diikuti 200 peserta untuk formasi umum, gelombang kedua diikuti 200 peserta formasi pendidikan dan umum sementara gelombang ketiga berjumlah 117 peserta. Sedangkan yang lain masih perbaiki administrasi yang belum lengkap yakni formasi kesehatan dan umum.

“Karena beberapa peserta yang berkasnya belum lengkap, maka yang hadir pada gelombang ketiga ini hanya sebanyak 117 sambil mereka melengkapi berkas mereka,” jelasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top