Pengenalan Seni dan Budaya Moi Diawali dari Pendidikan

IMG 20210914 WA0009

IMG 20210914 WA0009

Matapapua – Aimas : Pelatihan penyusunan kurikulum lokal pendidikan dasar (seni suara) kabupaten Sorong, yang dilaksanakan di Kek Malamoi, Senin (13/9), bertujuan untuk meningkatkan kualitas sanggar yang ada di kabupaten Sorong untuk lebih mengetahui dan mengenal teknik khas musik suku Malamoi.

Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan, Luther Salamala mengatakan sanggar yang ada dikabupaten terbilang banyak, namun sayang masih ada yang belum mengenal teknik khas musik suku Moi terutama agar dapat dikenalkan kepada masyarakat khususnya bagi anak didik di sekolah, hal ini mendasari penyelenggaraan pelatihan agar masyarakat lebih mengetahui dan mencintai musik suku yang ada di Kabupaten Sorong.

” Jadi dengan adanya pelatihan ini bisa mendapatkan pengetahuan tentang teknik ciri khas dalam memainkan musik, banyaknya sanggar-sanggar yang mempunyai semangat untuk mengembangkan musik yang ada di sini, akan tetapi mereka belum mengenal teknik ciri khas musik suku Moi ” kata Luther Salamala.

Ditambahkan Luther Salamala, berbicara tentang musik yang ada di tanah Malamoi, ada beberapa ragam yang pada umumnya orang di luar cuman tahu musik atau lagu Papua dari jenis tertentu, tapi ada banyak klasifikasi musik ditanah Papua.

” Memperkenalkan melalui sanggar ini sangat bagus, memberi tahukan kepada mereka musik dasar Papua, bagaimana ciri khas musik daerah itu, berbicara bagaimana petikan musiknya, maka mereka akan dilatih selama dua hari disini” ucapnya.

” Kita menjemput itu, kalau sudah ada kreatifitas dari anak anak muda kita, kita ambil, kita bina mereka di sanggar itu sehingga mereka menggali potensi yang ada di Papua ini sehingga mereka dapat memperkenalkan itu menjadi community destinasi yang ada di Papua” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top