Pembayaran Iuran dan Pendaftaran Peserta BPJAMSOSTEK dapat Melalui Agen BNI 46

IMG 20220704 WA0003

IMG 20220704 WA0003

Matapapua – Sorong : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan (BPJAMSOSTEK) Papua Barat menjalin
Kerjasama (MoU) bersama Agen Bank BNI 46 untuk memudahkan peserta dalam melakukan pembayaran iuran bulanan BPJAMSOSTEK.

Banyak upaya dilakukan sebagai bentuk kemudahan dan komitmen BPJAMSOSTEK dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh peserta, tujuanya untuk mempermudah peserta BPJAMSOSTEK dalam membayar iuran melalui 600 agen BNI 46 yang tersebar di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Dalam hal ini BPJAMSOSTEK juga melakukan sosialisasi manfaat program dan simulasi pembayaran iuran BPJAMSOSTEK bersama agen BNI 46 se-Sorong bertempat di Rylich Panorama Hotel, Sabtu (2/7/2022).

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Papua Barat Nasrullah Umar mengatakan kegiatan sosialisasi sebagai tindaklanjuti dari MoU tanggal 9 Maret, perjanjian kerjasama Bank BNI dengan BPJAMSOSTEK adalah optimalisasi terkait kanal pendaftaran dan pembayaran iuran BPJAMSOSTEK.

” Ke depannya agen BNI 46 ini bisa menerima pembayaran iuran peserta BPJAMSOSTEK dan juga pendaftaran peserta BPJAMSOSTEK informal, yang berada di lingkup wilayah kerja agen BNI 46 ” ucap kepala BPJAMSOSTEK Cabang Papua Barat Nasrullah Umar.

Kerjasama yang di bangun ini random, dalam artian semua peserta baik yang berada di Jawa di luar, juga dalat melakukan pembayaran melalui agen BNI 46 yang berada di wilayahnya. Tidak ada batasan wilayah dalam pembayaran maupun pendaftaran peserta BPJAMSOSTEK.

” Pada saat pendaftarannya di situ bisa cantumkan tempat tinggal, memilih domisili atau tempat, sesuai dengan aktivitas pekerjaan yang dilakukan baik itu di Jawa, dan daerah lainya ” ujarnya.

Ia membeberkan, seluruh program BPJAMSOSTEK sudah dapat membayar melalui agen BNI 46, baik pembayaran sektor formal maupun informal, tetapi untuk proses pendaftaran saat ini hanya terbatas untuk pekerja informal saja yang dapat melakukan pendaftaran melalui kanal Agen BNI 46.

” Untuk pendaftaran, dan pembayaran melalui agen BNI 46 tidak ada syarat khusus, syaratnya hanya melakukan pendaftaran saja nanti akan ada bukti pendaftarannya , BPJAMSOSTEK nanti akan memberikan kode khusus atau biasa do bilang kode iuran, dan itu dapat dilakukan pembayaran melalui agen BNI 46 kedepanny ” bebernya.

Nasrullah Umar menambahkan harapannya dengan adanya agen mitra-mitra dari BPJAMSOSTEK, bagi seluruh peserta dapat kemudahan, tidak susah payah lagi mau datang ke perbankkan, ataupun kantor BPJAMSOSTEK sekarang sudah bisa ke kanal kanal Agen BNI terdekat.

” kemudahkan dalam proses pembayaran dan pendaftaran yang seperti ini kita ketahui sangat bagus, mengingat BPJAMSOSTEK sendiri memang belum bisa akses ke daerah-daerah pedalaman, karena di situ karakter dari masyarakat enggan ke perbankan, dengan adanya agen ini peserta atau pun calon peserta BPJAMSOSTEK tidak harus ke kantor BPJAMSOSTEK tidak harus ke kantor BNI atau perbankan dia hanya cukup ke agen BNI 46, sudah mendapatkan manfaat program yang dikehendaki ” kata Nasrullah Umar.

Pimpinan cabang BNI Sorong, Roby Hans Yawan melalui Assisten merchant agen, Ariel Ketaren mengatakan sebelumnya pembayaran iuran BPJAMSOSTEK harus melalui Bank, sekarang dipermudah lagi lewat agen 46 BNI sudah dapat melakukan pendaftaran dan pembayarannya iuran BPJAMSOSTEK.

” Jadi agen BNI 46 mempermudah pekerja Informal yakni pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) lebih gampang lagi dalam membayar maupun mendaftar diri menjadi peserta BPJAMSOSTEK tidak perlu lagi harus datang ke bank, tinggal datang ke agen agen BNI 46 yang ada di sekitaranya ” Kata Ariel Kataren.

Tambahnya, agen BNI 46 yang tersebar di seluruh kota Sorong dan Kabupaten Sorong ada sebanyak 600 agen, baik agen yang punya usaha sembako perorangan atau perindividu.

” Pembayaran iuran dapat dilakukan di semua agen BNI 46 sebanyak 600 agen yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten Sorong, pembayaran dan pendaftaran bisa melalui web dan bisa melalui mesin EDC yang ada” tambahnya.

Lanjutnya dengan adanya mitra ini tentunya ada feedback yang didapatkan oleh Bank BNI dan BPJAMSOSTEK, untuk agen BNI 46 sendiri juga mendapatkan feedback dari konsumen yang melakukan pendaftaran maupun pembayaran iuran.

” Yang akan didapatkan feedbacknya atau keuntungan dari pelanggan kepada Bank BNI yakni sekali transaksi 2500 itu langsung dipotong ke dalam saldo peserta, kalau untuk agen sendiri tergantung berapa yang ditentukan olehnya. Harapannya dengan adanya kemitraan ini mudah-mudahan agen BNI 46 dengan BPJAMSOSTEK bisa berkepanjangan dan tidak putus, sehingga ini beriring bersama-sama secara tidak langsung memberikan dampak baik bagi perekonomian bagi agen itu sendiri, inilah salah satu harapan dari Bank BNI juga ” tutupnya.

BPJAMSOSTEK untuk kedepannya akan terus mengoptimalkan layanan, dan diharapan kepada agen BNI 46 juga dapat memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat pemberi kerja ataupun pelaku usaha di lingkungannya, untuk tertib membayar iuran agar dapat mengingatkan pembayaran iuran serta memberikan edukasi terkait seluruh program dari BPJAMSOSTEK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top