Peduli Penanganan COVID-19, Save The Children Indonesia Sumbangkan Peralatan Kesehatan

IMG 20211210 WA0029

IMG 20211210 WA0029

Matapapua – Aimas : Lembaga Save the children Indonesia menyerahkan bantuan repson COVID-19 ke Manokwari, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, penyaluran bantuan berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Papua Barat berupa alat-alat kesehatan, Kamis (9/12).

Media and Brand Manager Yayasan Save the Children Indonesia, Dewi Sri Sumanah mengatakan Save the children merupakan lembaga independen yang berfokus pada upaya pemenuhan hak-hak anak di Dunia.

“Save the Children lembaga independen yang sudah bekerja di 120 negara, salah satunya di Indonesia. Save the Children di Indonesia bekerja sejak tahun 1976, di 12 Provinsi salah satunya di Provinsi Papua Barat dan di Provinsi yang pertama kali kami datangi tahun ini dan langsung bekerjasama dengan PMI ” kata Dewi

Program distribusi alat-alat kesehatan bertujuan untuk memastikan kesiap siagaan terhadap penanganan Covid-19 dan memastikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standarnya.

“Distribusi bantuan ini kami distribusikan ke rumah sakit, Puskesmas dan juga komunitas masyarakat agar bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk rumah sakit, puskesmas dan masyarakat terkhusus di Papua Barat” ujarnya.

Melihat dedikasi PMI Provinsi Papua Barat yang begitu baik dalam penanganan Covid-19 yang terjadi, membuat Save The Children memilih mitra sebagai implementasi untuk mendistribusikan alat-alat kesehatan ini.

“Kami sangat melihat bahwa PMI di Papua Barat baik di Manokwari, Kota Sorong, dan Kabupaten Sorong terlihat sangat terdepan jika ada isu-isu sosial pada masyarakat ketika ada bencana Covid-19 PMI selalu cepat tanggap untuk membantu, dedikasi PMI baik mulai dari pengurus dan staff juga relawan, sehingga kami memilih PMI sebagai mitra implementasi” jelas dewi.

Sekretaris PMI Papua Barat, Roger Tanamal mengatakan kepengurusan PMI baru dilantik pada tanggal 8 September 2021, jadi salah satu misi PMI adalah pengembangan Palang Merah Indonesia di seluruh daerah yang ada di Papua Barat salah satunya adalah dengan kerjasama dengan pihak-pihak lain.

“Kami dari PMI Papua Barat mendorong PMI Kabupaten, Kota salah satunya adalah PMI Kabupaten Sorong dan Kota Sorong untuk bisa menunjukkan eksistensi mereka di kepala pemerintah daerah bahwa pemerintah daerah tahu PMI selalu respon dalam hal membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 khususnya di Kabupaten Sorong” ungkap Rojer.

Save The Children mempercayai PMI untuk mendisribusikan alat-alat kesehatan bagi korban Covid-19, dan akan disalurkan ke 3 puskesmas, 1 RSUD dan satu komunitas masyarakat

“Terima kasih Save The Children sudah mempercayai PMI untuk mendistribusikan bantuan yang sudah diberikan, dan kami akan menyalurkan di Kabupaten Sorong tiga Puskesmas yakni Puskesmas Malawili, Mariat dan Mayamuk, 1 RSUD yakni RSUD John Piet Wanane, yakni Dan satu komunitas yakni gereja GKI Imanuel” jelasnya

“PMI Provinsi Papua Barat selalu welcom dengan semua NJO atau organisasi dari luar yang bekerja sama, dan berharap kedepannya itu bukan hanya 2 atau 3 Kabupaten tetapi semuanya untuk wilayah Provinsi Papua Barat” tambahnya

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono memberikan apresiasi kepada yayasan Save The Children Indonesia yang telah menyerahkan alat kesehatan ini sangat luar biasa untuk membantu warga yang ada dikabupaten Sorong.

“Apresiasi kepada yayasan Save The Children Indonesia dengan bantuan alat kesehatan yang sudah diberikan, bantuan ini sangat dibutuhkan sekali bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong ” kata Suko Harjono.

Sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri per tanggal 6 Desember 2021 Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat di level PPKM untuk di Kabupaten Sorong turun menjadi level.

“Ini yang menjadi satu hal yang sangat kami bangga, dan terus terang ini kerjasama sangat luar biasa memerlukan tenaga, pikiran dan kekuatan yang tidak sedikit, baik pemerintah, satgas Covid-19, TNI/Polri. Kita mencari masyarakat bahkan dengan harapan sembako adalah hal menjadi yang sangat luar biasa, kami tidak pantang menyerah dengan itu dengan berbagai program kegiatan yang kami lakukan agar masyarakat secara sadar untuk bisa melaksanakan vaksin” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan warga yang sudah divaksin semua ini betul-betul dapat memperkuat masyarakat kita agar tidak terpapar oleh Covid-19 varian terbaru” tambahnya.

Penyerahan alat kesehatan berupa oksigen oximeter, masker, sarung tangan, hand cover dan rapid antigen, yang diserahkan kepada RSUD Kabupaten, Sorong, Puskesmas dan komunitas yang ada di Kabupaten Sorong, penyerahan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Papua Barat untuk didistribusikan kedaerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top