Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS Di SMA Negeri 1 Ayamaru

IMG 20221110 095746

IMG 20221110 095746

Matapapua-Maybrat: Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih (Uncen) se-Sorong Raya menyelenggarakan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS dalam rangka menyukseskan HUT Fakultas Kedokteran Uncen ke-20, 10 November 2002-10 November 2022, Sosialisasi ini diberikan kepada siswa-siswi Sekolah SMA Negeri 1 Ayamaru Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, Kamis (10/11/2022).

Koordinator kegiatan sosialisasi HIV/AIDS, dr. Jhoni M.Lemauk mengatakan, sosialisasi ini sasaran kepada siswa-siswi SMA dengan harapan dapat menjaga diri secara baik agar tidak terdapat penyebaran HIV/AIDS. Hal ini guna menjaga kesehatan agar mampu mencapai masa depan yang cemerlang.

Koordinator Kegiatan, dr. Jhoni M. Lemauk

“Saya berharap agar adik-adik SMA ini bisa menerima materi tersebut secara baik sehingga hari lepas hari bisa mencapai cita-cita yang lebih cemerlang. Namun kalau tertular HIV/AIDS, maka masa depan mereka akan menajdi suram,” harap Jhoni.

Sementara itu, koordinator Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih Wilayah se-Sorong Raya, dr. Dance Sraun menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan serentak pada jam dan hari yang sama oleh seluruh alumni Fakultas Kedokteran Uncen yang tersebar di seluruh wilayah kab/kota provinsi Papua dan Papua Barat.

“Kami seluruh alumni Fakultas Kedokteran Uncen hari ini melalukan sosialisasi dengan topik HIV/AIDS bagi anak sekolah. Dan ini dilakukan serentak,” terang Sraun.

Koordinator Alumni Fakultas Kedokteran  Universitas Cenderawasih, Se-sorong Raya, dr. Dance Sraun

Dalam Usia ini Fakultas Kedokteran Uncen telah menghasilkan kurang lebih 900 dokter yg tersebar di tanah Papua bahkan di luar Papua.

“Beberapa Alumni Fakultas Kedokteran Uncen juga telah menyelesaikan dokter spesialis dan kembali mengabdi di tanah Papua,”

jumlah Alumni Fakultas Kedokteran Uncen Sesorong Raya berjumlah 73 Orang yg tersebar di Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Tambraw, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Kabupaten Fakfak dan Kota Sorong.

Dirinya menyebutkan bahwa di Kabupaten Maybrat sendiri terdapat 7 dokter Alumni Fakultas Kedokteran Uncen yang menyebar di beberapa Puskesmas diantaranya

1. dr.Dance Sraun bertugas di Puskesmas Ayamaru Timur

2. dr.Jhoni M.Lemauk bertugas di Puskesmas Aitinyo

3.dr.Maria Simat bertugas di Puskesmas Ayamaru Jaya

4.dr.Samuel Sembor bertugas di Puskesmas Ayamaru Selatan

5.dr.Anisa bertugas di Puskesmas Aifat

6.Dr.Jesika Solossa bertugas di Puskesmas Ayamaru

7.dr. Wenny Kalami betugas di Puskesmas Ayamaru Utara.

Kehadiran Alumni Fakultas Kedokteran Uncen di Kabupaten Maybrat sangat membantu Pemerintah dalam pelayanan kesehatan kepada Masyarakat.

Foto Bersama Para Siswa-siswi SMA Negeri 1 Ayamaru Kabupaten Maybrat

Dirinya berharap, melalui sosialisasi tersebut siswa-Siswi SMA Neg 1 Ayamaru tidak tertular virus HIV/AIDS mengingat perkembangan zaman yang semakin maju dan pergaulan tidak sehat antar remaja semakin meningkat.

Hal positif ini mendapat sorotan dari wakil kepala Sekolah bagian kesiswaan SMA Negeri 1 Ayamaru, Hermianda Papilangi mengapresiasi alumni Fakultas Kedokteran Uncen Bersama Puskesmas Ayamaru telah memberikan sosialisasi HIV/AIDS agar generasi muda mampu menjaga diri dengan baik dan terhindar dari pergaulan bebas yang tidak sehat.

“Kami mengapresiasi alumni Fakultas Kedokteran Uncen yang dengan program ini bisa memberikan sosialisasi HIV/AIDS. sosialisasi semacam ini sangat penting karena Siswa-siswi ini sudah berada di masa remaja di mana sudah mengenal pacar. Nah jika tidak diberikan pemahaman atau sosialisasi seperti ini, mereka tidak akan tahu dan paham,” ungkap Papalangi.

Kepala Puskesmas Ayamaru memberikan Apresiasi kepada Alumni Fakultas Kedokteran Uncen SE Sorong Raya yang mana telah mengundang kami puskesmas yang mempunyai wilayah kerja untuk bersama-sama memberikan materi HIV/AIDS kepada anak-anak sekolah pada hari ini.

Harapan kami kepada Alumni Fakultas Kedokteran Uncen agar terus membantu Puskesmas untuk memberikan Sosialisasi kesehatan kepada seluruh masyarakat di kabupaten Maybrat.

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan menyita waktu selama 1 jam dan diberikan materi yang mudah dimengerti oleh remaja SMA Negeri 1 ini hingga berakhir dengan antusias.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top