Meningkatkan Kapasitas Pengrajin, Ketua Dekranasda Kabupaten Maybrat Memberikan Sosialisasi

16364580362572

16364580362572

Matapapua-Maybrat: Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Maybarat Papua Barat, Dr. Naomi Netty Howay membuka kegiatan sosialisasi terkait peningkatan kapasitas pengrajin di lingkup pemerintah Kabupaten Maybrat yang diselenggarakan di Ayamaru, Selasa (9/11/2021).

Sosialisasi ini bekerja sama dengan pihak KCP Bank Papua Ayamaru agar dengan mudah membantu memberikan pinjaman kepada ibu-ibu untuk mengembangkan usaha kerajinan tangan yang dimiliki guna meningkatkan perekonomian masyarakat Maybarat.

Dekranasda Kabupaten Maybrat Bekerja Sama Dengan Bank Papua KCP Ayamaru Berikan Sosialisasi Meningkatkan Kapasitas Pengrajin

Naomi Netty Howay mengatakan, kerajinan tangan yang dimiliki para ibu Maybrat sangat banyak dan langkah dimiliki di daerah lain seperti piring rotan, topi, tas (noken), payung (koba-koba). Selain itu, terdapat pengolahan makanan khas Maybrat yang sangat lezat dan memiliki nilai gizi tinggi.

“Para pengrajin di Kabupaten Maybrat ini sangat banyak dan kaya dengan ilmu yang mereka miliki untuk bisa menciptakan sesuatu. Hanya karena tidak ada motivasi dan dorongan dari diri mereka sendiri untuk mengembangkan ilmu yang dimiliki. Nah hari ini kami berikan sosialisasi dan bekerja sama dengan Bank Papua KCP Ayamaru untuk membantu ibu-ibu dengan cara kredit. Tadi pihak Bank sudah memberikan penjelasan,” terang Naomi.

Peserta Sosialisasi

Kerajinan tangan ini kata Naomi Howay, telah dipromosikan hingga luar daerah. Oleh karena itu, dirinya terus memberikan semangat dan motivasi kepada para ibu Maybrat untuk terus mengembangkan ilmu yang dimiliki.

“Hasil dari kerajinan tangan ibu-ibu ini sudah banyak dipromosikan di luar daerah Maybrat bahkan luar tanah Papua. Oleh karena itu, saya minta agar suami dan anak-anak dari para ibu ini bisa mendukung sehingga bisa menambah perekonomian dalam rumah tangga mereka,” kata Naomi.

Sosialisasi ini dihadiri para ibu pengrajin dari Tiga wilayah besar di Kabupaten Maybarat dengan antusias. Usai sosialisasi, ketua dekranasda Kabupaten Maybrat memberikan bantuan modal usaha untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki.

Ketua Dekranasda Kabupaten Maybrat, Dr. Naomi Netty Howay Memberikan Bantuan Dana Untuk Modal Usaha

“Kami juga memberikan bantuan dana kepada ibu-ibu yang hadir ini sebagai modal untuk membuka usaha. Meskipun dana sedikit, namun kalau digunakan dengan baik, pasti akan menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi keluarga,” tutup ketua Dekranasda Kabupaten Maybarat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top