LPPM IAIN Sorong Gelar Pembekalan KKNT 2022

IMG 20220804 WA0023

IMG 20220804 WA0023

Matapapua – Sorong : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKNT) kepada seluruh mahasiswa angakatan ke III, bertempat di Aula IAIN Sorong, yang dilaksanakan selama 2 hari. Yakni pada tanggal 03 sampai 04 Agustus 2022.

Kegiatan pembekalan dengan mengusung tema ” Optimalisasi Peran Mahasiswa Dalam Mewujudkan Harmoni dan Produktifitas di Papua ” yang di hadiri langsung oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M. Ag., Wakil Rektor I Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M. Pd. I., Kepala Biro AUAK H. Muhammad Aryad Ambo Tuo, Kabag ULA, Muhammad Anwar Darwis, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Dr. H. Surahman Amin, Lc., M. A., Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah, St Umrah, ketua LPPM Syahrul, Lc., M. A., dan segenap Civitas Akademika IAIN Sorong.

Ketua Panitia KKNT Angkatan III Syahrul, Lc., M. A., dalam laporanya mengatakan mahasiswa yang terdaftar dikampus IAIN Sorong sekitar 240 mahasiswa. Namun yang mendaftar untuk mengikuti KKNT hanya 194 mahasiswa. Yang terdiri dari Fakultas Tarbiah lebih kurang 90 mahasiswa, selebihnya fakultas Syariah dan Dakwah.

” Jadi mahasiswa kita yang mendaftar 194, yang akan tersebar KKNT di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Raja Ampat dan Fak-fak yang dilaksanakan selama 4 bulan kedepan dan akan diantarkan ketempat pelaksanaan pada hari Senin tanggal 8 Agustus 2022, selesai sampai dengan bulan November 2022″ Kata Ketua Panitia KKNT Syahrul.

Lanjut Syahrul, dari 194 mahasiswa PPL ini akan tersebar di sekolah baik di Kota dan Kabupaten Sorong dan di Instansi-intansi Negara maupun Swasta, dan untuk KKN akan tersebar di 4 Kabupaten Kota, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Raja Ampat dan Fak-fak sekitar 25 pos.

“Untuk pelaksanaan PPL dan KKN pada tanggal 8 Agustus 2022 sampai dengan akhir November. Jadi Desember Mahasiswa sudah kembali ke kampus, dan dapat mengerjakan skripsi , dan di bulan Januari 2023 sudah bisa melaksanakan ujian skripsi dan lulus sebelum semester 8 ” ucapnya.

Ketua Panitia KKNT juga berpesan kepada seluruh Mahasiswa IAIN Sorong apa yang sudah diberikan dalam pembekalan ini dapat diaplikasikan di masyarakat, dan pada saat dilaksanakanya KKN nanti mahasiswa dapat bekerjasama secara tim, bertanggung jawab dan ikut serta menjaga keamanan dan kenyamanan di masyarakat serta menjaga nama baik almamater.

” Saya berpesan kepada seluruh mahasiswa yang ditempatkan nanti dapat menyebarkan virus-virus moderasi beragama kepada masyarakat, berakhlak mulia ketika bergaul di lokasi. Dan berharap dalam pelaksanakan tugas nanti identitas orang tua, pribadi akan dikesampingkan yang paling dilihat adalah identitas kampus IAIN, atas tindakan yang di pikul pasti larinya ke Intitusi, mahasiswa membawa visi-misi dari kampus IAIN Sorong ke masyarakat ” pesan kepala LPPM kepada seluruh mahasiswa.

Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M. Ag mengatakan dilaksanakanya KKNT tujuannya adalah ingin melakukan pertempatan, supaya seluruh mahasiswa yang melaksanakanya dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah di dapat pada saat di kampus, dan diterapkan pada tempat yang sudah ditetapkan.

“ Kita memperhatikan momen-momen selama kalian menjadi mahasiswa IAIN Sorong selama 3 tahun yang lalu, ditambah setengah tahun ke depan maka tingkat kesibukan kalian itu ada pada wilayah KKNT, pada saat ospek dan melaksanakan kuliah, mengerjakan tugas dan sebagainya itu belum terlalu dinamis kesibukan kalian. Tetapi di KKNT baru kalian berkumukasi dengan waktu dan uang kalian, itu adalah tantangan kalian di masyarakat nanti, tantangan 3 tahun yang lalu tidak ada seperti itu, berkomunikasi secara langsung kepada masyarakat itu harus memiliki kerja keras yang tinggi bersama kelompok nantinya, dan juga harus mempersiapkan program-program kerja yang harus dilakukan dan dapat membagi waktu kapan bisa menyelesaikan tugas-tugas akademik sebagai mahasiswa “ kata Rektor IAIN Sorong Hamzah Khaeriyah pada saat sambutanya, Rabu (03/08).

Ia juga mengatakan 4 tahun bagi mahasiswa bukanlah waktu yang singkat, tetapi bagi pimpinan yang sudah melewati dunia pendidikan mengelola pendidikan, 4 tahun itu sangat lambat. Karena belum berpikir tentang kapan S2 kapan S3, jangan cara berpikir secara parsial sehingga mengatakan 4 tahun itu singkat, tetapi harus berpikir secara sistematis S2, S3, pengabdian dan seterusnya maka waktu 4 tahun itu sedikit.

“ Dengan adanya KKNT merupakan momen kesibukan kalian yang paling strategis, harus bisa mengatur waktu, bagaimana bekerja secara kelompok, bagaimana bisa tepat waktu. Karena yang dicari pada waktu yang akan datang hanya tiga, pertama siapa sarjana yang paling cepat selesai otomatis itu mahasiswa yang pintar, sehingga dia bisa dapat menyelesaikan dengan cepat. Kedua termuda. Jadi kalian ini usia di bawah 25 tahun harus sudah Magister, kemudian usia di 30 tahun kalian sudah Doktor, ini harus dilakukan kerja keras untuk menjadi tercepat dan termuda dan yang terakhir yaitu yang sehat, menjaga kesehatan harus dengan memberikan waktu sedikit untuk membedah kesehatan anda dengan cara berolahraga teratur, tidur tepat waktu, jangan terlalu banyak begadang, Kesehatan harus di jaga dengan baik “ ungkapnya

“ Saya juga berharap agar ada mahasiswa yang lulus di bawah 4 tahun, dan saya ingin kalian lebih cepat lagi, tepat waktu menyelesaikanya dan terakhir saya minta agar kalian mulai berkomunikasi dengan orang tua, akan di mana mau lanjut S2, bisa di IAIN Sorong dan bisa juga di luar.” Pungkasnya.

Rektor IAIN Sorong Dr. Hamzah Khaeriyah, M. A., selain membuka pembekalan KKN Terpadu dan memberikan materi tentang Orientasi KKN Terpadu Tahun 2022, juga ada pembekalan dari Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M. Pd. I., dengan materi Profesionaliame dan Etika Ber-KKN Terpadu di lokasi KKNT, Dr. H. Surahman Amin, Lc. M. A., materi Orientasi Fakultas Syariah dan Dakwah, dan Dr. Hasbullah, M. A., yang di wakili oleh dosen Afroh Nailil Hikmah, M. Pd. I., materi Orientasi PPL Fakultas Tarbiyah.

Hari kedua Kamis, 04, Agustus 2022, Syahrul Lc., M. A., materi Teknik Penyusunan Program Kerja, Tata Persuratan, dan Penulisan Laporan KKN Terpadu, Samsuddin Datu, S. Pd. I., M. Pd. I., Kepala Biro AUAK H. Muhammad Aryad Ambo Tuo materi Moderasi Beragama dalam Multikulturalisme di Papua Barat.
Penguatan Keagamaan, Dosen Pembimbing, memberikan pengarahan masing-masing dosen pembimbing kepada mahasiswa binaanya terkait perencanaan dan pelaksanaan program KKN Terpadu, terakhir penutupan oleh wakil Rektor I IAIN Sorong Dr. Muhammad Rusdi Rasyid., M. Pd. I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top