Apresiasi Warga Atas Beroperasinya PLTMH Malawor

Matapapua – Malawor : Listrik atau penerangan merupakan pelayanan dasar kepada masyarakat sebagai komponen pendukung yang menjadi tanggung jawab pemerintah, selain pendidikan, kesehatan, fasilitas air bersih, juga penyediaan listrik bagi masyarakat dapat diwujudkan, hal ini dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Sorong dengan menggandeng PT. EON Engineering membangun Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH) dengan kapasitas 44 Kilowatt di kampung Malawor.

Aplena Mili, warga Malawor merasa senang dengan adanya perhatian pemerintah dalam menyiapkan listrik atau penerangan ditengah kampung, pasalnya selama ini listrik atau penerangan belum dirasakan maksimal, kendati sejak awal warga mengetahui adanya sumber air yang dapat dimanfaatkan sebagai PLTMH.

“Yang jelas kami senang, kami bangga kalau ada perhatian pemerintah, selama ini listrik belum dapat kami rasakan, ya kalau bisa bisa hidup tiap hari, karena akan membantu kami dalam membuat apapun untuk keluarga” kata Aplena Mili, Selasa (30/4/2019).

Pimpinan EON engineering, Warwick Alliston menjelaskan PLTMH ini merupakan sumber tenaga listrik yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, tidak membutuhkan biaya operasional yang besar jika hanya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

“Banyak orang belum tahu soal PLTMH, ini merupakan suatu metode yang sangat baik dalam menyiapkan sumber tenaga listrik bagi masyarakat, kami sangat mengapresiasi warga yang mendukung kami bekerja hingga selesai” jelas Warwick Alliston.

Agustinus Asem Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong menjelaskan PLTMH yang dibangun dikampung Malawor memiliki kapasitas 44 Kilowatt, yang dapat mengaliri listrik untuk 200 unit rumah, diharapkan warga yang telah dilatih untuk menjaga mesin pembangkit dapat menjaga bersama.

“Pembangunan pembangkit tenaga micro hidro ini dapat mengaliri 200 unit rumah, yang kita pikirkan saat ini adalah bagaimana kita bisa mempertahankan kualitas yang ada, menjaga dan merawat, sehingga biaya perawatan masih dibutuhkan dengan harapan adanya dukungan pemda” kata Agustinus Asem.

Bupati Sorong Johny Kamuru mengatakan PLTMH Malawor merupakan pembangkit listrik tenaga air pertama di Kabupaten Sorong, melalui PLTMH ini diharapkan agar memberikan akses pelayanan dasar listrik bagi warga sehingga dapat meningkatkan sektor penting di kampung Malawor, dan diharapkan kampung lain yang tercatat memiliki sumber air dapat dibangun PLTMH.

“Kita harapkan ini dapat melayani rumah-rumah warga, karena kebutuhan listrik dengan tenaga disel menggunakan BBM membutuhkan biaya yang besar, sementara PLTMH ini mahal diawalnya saja, kemudian jika dirawat dengan baik, maka bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, mudah-mudahan dikampung lain bisa pakai PLTMH” kata Johny Kamuru.

Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH) di kampung Malawor dibangun dengan biaya Rp1,8 dengan menggunakan anggaran Otsus sejak 2015 hingga 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top