Alumni Fakultas Kedokteran Uncen Sorong Raya Gelar Bakti Sosial di Kabupaten Maybrat

IMG 20220813 120926

IMG 20220813 120926

Matapapua-Maybrat: Sebanyak 16 Dokter umum Alumni Universitas Cendrawasih Fakultas Kedokteran dan 3 Mahasiswa Unipa Fakultas Kedokteran se-Sorong Raya bekerja sama dengan Puskesmas Ayamaru Timur Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat menyelenggarakan bakti sosial kesehatan memberikan sosialisasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Distrik Ayamaru Timur. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Maybrat melalui Staf Khusus bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Bernardus Nauw, Sabtu (13/8/2022).

 

Staf Khsus Bupati Maybrat, Bernadus Mauw Membuka Kegiatan Baksos Kesehatan

Saat ditemui, Bernadus mengapresiasikan program yang dilakukan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih ini karena sangat membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan secara gratis. Dirinya mengatakan, pada prinsipnya pemerintah selalu mendukung program tersebut guna menjawab kebutuhan masyarakat.

“Program ini sangat bagus karena menyentuh secara langsung kepada masyarakat. Dan ini yang dinanti-nantikan selama ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari para Dokter ini,” ungkap Bernadus.

Kegiatan yang dilakukan ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat, Nikolas Yumame. S.Km karena telah bekerja sama dengan Puskesmas Ayamaru Timur untuk memberikan pelayanan kesehatan. Dirinya berharap agar pelayanan serupa terus dilakukan sehingga dapat menyentuh seluruh masyarakat di Kabupaten Maybrat.

Pasien Hadir Pada Baksos Kesehatan

“Program ini sangat luar biasa. Dan animo masyarakat sangat tinggi dalam menyambut program tersebut. Dan selama ini masyarakat sangat menantikan pelayanan yang ditangani secara langsung oleh dokter akhirnya bisa terjawab bahkan dihadiri banyak dokter,” pungkas Yumame.

Program ini membuat masyarakat menjadi bangga karena alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih se-Sorong Raya masih peduli untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Serlina Isir, Pasien yang mendapat pelayanan kesehatan dari Dokter tersebut mengaku bahwa pelayanan yang diperoleh sangat membantu untuk mengatasi keluhan kesehatan yang dialami.

Serlina Isir, Pasien

“Momen emas yang kami nantikan selama ini akhirnya terjawab sehingga para Dokter alumni Universitas Cendrawasih ini bisa hadir untuk memberikan pelayanan yang sangat memuaskan. Intinya kami bangga dengan pelayanan di hari ini. Saya berharap, jangan hanya hari ini saja, tapi kedepan harus ada lagi,” ungkap Serlina dalam keadaan bangga.

Pada kesempatan ini, perwakilan Dokter dari Kota Sorong, Dokter stela Tanati menilai bahwa animo masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan sangat tinggi. Oleh sebab itu program tersebut akan dilakukan di setiap Kabupaten se-Sorong Raya guna memenuhi keluhan masyarakat terkait kesehatan.

“Saya baru pertama kali datang ke Maybrat. Dan animo untuk memperoleh pelayanan kesehatan sangat tinggi. Dan pelayanan semacam ini akan kami tingkatkan lagi,” ungkap Stela.

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dan melakukam konsultasi kepada tenaga medis terdekat.

“Kesehatan itu lebih berharga. Jadi perlu jaga kesehatan dengan baik seperti rajin olah raga, makan dan istirahat yang teratur, menjaga kebersihan lingkungan, wc maupun air,” himbaunya.

Foto Bersama

Sementara itu, koordinator alumni Fakultas Kedokteran pada Universitas Cendrawasih, Dokter Dance Sraun menjelaskan bahwa program tersebut telah diagendakan menjadi kalender tahunan sebagai bentuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Dirinya mengaku bahwa program ini telah dilaksanakan selama Tiga tahun berturut-turut.

“Selain penyuluhan, namun kami memberikan pelayanan penyakit tidak menular, pemberian vitamin A bagi anak sekolah, pemberian imunisasi, pelayanan posyandu, pelayanan kelas ibu hamil, senam ibu hami dan memaparkan indeks keluarga sehat karena kami sudah turun survei di lapangan,” terang kepala Puskesmas Ayamaru Timur ini.

Jumlah pasien yg dilayani tersebut sebanyak 75 orang pasien dewasa 41 org pasien anak. Pada pelayanan kesehatan tersebut disambut baik oleh masyarakat karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu, diharapkan agar terus menjaga kesehatan pribadi masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top