71 Mahasiswa UNIMUDA dan Kampus Luar Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

0 IMG 20211118 121744

Matapapua – Aimas : Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PPM-DN) Angkatan I Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong tahun 2021 dilaksanakan di ruang gedung Meeting Room UNIMUDA. Kamis (18/11). https://www.unimudasorong.ac.id/

Kepala LLDIKTI WIL XIV Dr. Suriel S Mofu., S Pd., M. Ed., TEFL., M. Phil, mengatakan kegiatan program pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri ini adalah program yang sangat luar biasa strategis yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Teknologi, kegiatan ini memberikan sebuah kesempatan bagi para mahasiswa dan mahasiswi untuk dapat menambah ilmu di bidangnya masing-masing.

” Saya mengucapkan selamat menjalankan program pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri bagi para mahasiswa Papua dan Papua Barat, dan juga yang melaksanakan program pertukaran mahasiswa merdeka diluar tanah Papua. Kegiatan ini juga dapat memupuk rasa dan wawasan kebangsaan diantara para anak-anak bangsa dari berbagai daerah di seluruh tanah air Indonesia. Inilah kesempatan dimana mahasiswa dapat memperluas cakrawala berpikir menambah wawasan kebangsaan yang baru” kata Suriel

Indonesia kalau dulu merasa memiliki Papua tetapi Papua sepertinya jarang merasakan memiliki Indonesia, tetapi dengan adanya program pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri ini memberikan rasa Indonesia itu bahwa ada Papua.

” Dengan adanya program ini disitulah kita merasa benar-benar bahwa Indonesia adalah punya kita, Jawa punya kita, Sumatera punya kita, seluruh daerah di tanah air ini adalah milik kita bersama. Indonesia adalah kita dan program merdeka belajar kampus merdeka, pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi mahasiswa, dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan diperoleh mahasiswa langsung dari perguruan tinggi masing-masing yang dituju tetapi juga memperkuat wawasan kebangsaan ” ucap Suriel.

” Harapan saya bahwa kegiatan program pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan, yang cerdas, hebat secara ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai kemampuan ilmu pengetahuan yang tinggi, dan peka terhadap budaya bangsa dan inilah masa para siswa membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi” tambahnya.

Rektor UNIMUDA Sorong Dr Rustamaji, M. Si., mengatakan UNIMUDA Sorong menjadi penyelenggara program pertukaran di Provinsi Papua Barat, dan UNIMUDA Sorong menjadi Universitas dengan penyelenggara peserta paling banyak di wilayah Papua dari total 100 mahasiswa yang didaftarkan pada akun PPM-DN kementerian pendidikan yang dinyatakan lolos sebanyak 71 mahasiswa, ditempatkan pada 44 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

” 100 mahasiswa yang didaftarkan pada akun PPM-DN, sebanyak 71 yang diterima, dan selanjutnya ditempatkan di seluruh Indonesia, yakni di 44 perguruan tinggi, dan UNIMUDA Sorong menerima 71 mahasiswa dari 33 Universitas di seluruh Indonesia ” kata Rustamadji.

UNIMUDA Sorong menerima 71 mahasiswa yang dikirim dari 33 universitas di seluruh Indonesia dari 71 mahasiswa tersebut sebanyak 43 mahasiswa melaksanakan perkuliahan secara luring yaitu langsung datang ke UNIMUDA Sorong, sedangkan 28 sisanya secara daring.

” Dari 71 mahasiswa yang paling banyak mengirimkan mahasiswa ke UNIMUDA yakni Universitas Negeri Surabaya (UNS) sebanyak 8 orang, Universitas Adi Buana (UAB) 6 orang, dan diikuti Universitas Jember (UJ) sebanyak 6 orang, dan sebagainya. Proses pelaksanaan program pertukaran mahasiswa merdeka di UNIMUDA Sorong, akan dilaksanakan sampai tahun 2022 dibulan Januari dan pada proses pelaksanaannya semua kegiatan dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” jelasnya.

Bupati Sorong Dr Johny Kamuru SH., M. Si., diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Sorong Adi Bremantyo dalam sambutanya menyampaikan, dilaksanakannya pertukaran mahasiswa mereka ini adalah untuk dapat meningkatkan wawasan kebangsaan integritas mahasiswa sebagai warga masyarakat yang mencintai tanah air kesatuan Republik Indonesia.

” Kegiatan ini bermaksud memperkaya pengalaman belajar siswa di perguruan tinggi lainnya yang memiliki atmosfer akademik, berbeda program pertukaran mahasiswa merdeka sebagai upaya pertanggungjawaban untuk menjadikan mahasiswa sebagai sumber daya unggul untuk kedepan Indonesia maju, Indonesia tangguh” ucap Adi

” Dalam peran ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih luas dengan lembaga yang berbeda dari Universitas yang lainya, mahasiswa dari berbagai daerah, pada mahasiswa yang nantinya telah lulus menyelesaikan pertukaran kampus, sehingga mereeka dapat memaparkan proses yang dijalani sehingga mahasiswa dapat menyalurkan kreativitasnya di dunia kerja nantinya ” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top