Perpisahan Nusantara Sehat Dengan Puskesmas Ayamaru Selatan, Diwarnai Suasana Haru

IMG 20210830 143548

IMG 20210830 143548

Matapapua-Maybrat: Sebagai ucapan terima kasih atas Dua tahun melayani Kesehatan masyarakat, Puskesmas Ayamaru Selatan Kabupaten Maybrat Papua Barat melakukan acara perpisahan dengan tenaga Nusantara Sehat (NS) di gedung Puskesmas setempat, Senin (30/8/2021).

Hadirnya tenaga NS, membawa perubahan di puskesmas Ayamaru Selatan dengan melakukan berbagai inovasi untuk membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

Bupati, Dr. Bernard Sagrim melalui Asisten II Setda Kabupaten Maybrat, Engelbertus Turot mengapresiasi kinerja tenaga NS karena telah membantu masyarakat dalam penanganan pelayanan kesehatan selama Dua tahun sehingga membawa perubahan di setiap Puskesmas.

Asisten II Setda Kabupaten Maybrat, Engelbertus Turot

Ditambahkannya, peran NS ini sangat membantu pemerintah daerah terutama dalam penanganan pelayanan di tengah pandemi Covid-19. Mengingat tenaga kesehatan Maybrat sangat terbatas.

“Kami berterimakasih kepada Tim NSI yang telah membantu kami dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Maybrat. Hal yang dilakukan tim NSI ini sangat luar biasa. Dan mereka pergi meninggalkan kesan yang bagus buat kami di sini,” tutur Engelbertus.

Sementara itu, kepala Puskesmas Ayamaru Selatan, Novita Sagrim mengaku bahwa kehadiran tim NS tersebut membantu pelayanan baik di dalam maupun di luar gedung. Hal ini sangat nampak karena masyarakat merasa sentuhan dari tenaga NS tersebut dengan berbagai motode yang dilakukan.

Selain menangani pelayanan kesehatan di luar gedung, namun membantu untuk berhasilnya akreditasi puskesmas tersebut.

“Kehadiran NS ini sangat membantu dengan membawa perubahan di Puskesmas Ayamaru Selatan. Segala jenis tugas yang mereka lakukan sangat bermanfaat bagi kami di Puskesmas ini. Dan kami menyampaikan terima kasih kepada NS yang telah membantu kami di sini,” ungkap Novi Sagrim.

Kepala Puskesmas Ayamaru Selatan, Novita Sagrim

Selain pelayanan kesehatan, tambah Novita, namun saling berbagi pengalaman untuk memperkaya ilmu sehingga meningkatkan pelayanan. Ilmu yang dibagi dari NS tersebut seperti melaksanakan tugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada, memberikan bimbingan terkait pemeriksaan laboratorium kepada tenaga perawat. Pengalaman tersebut sangat memperkaya ilmu tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut.

“Karena yang mengetahui laboratorium itu hanya tenaga analis. Nah kami di Puskesmas ini tidak ada tenaga analis. Karena adanya bimbingan selama Satu bulan, maka tenaga perawat bisa memeriksa menggunakan laboratorium. Ini merupakan banyak hal yang kami peroleh dari teman-teman NS,” tuturnya.

Acara perpisahan tersebut membawa suasana haru karena sangat bangga dengan kinerja yang dilakukan NS. Pada moment tersebut dihadiri Asisten II Setda Kabupaten Maybrat, ketua DPRD Maybrat, Kepala Puskesmas Ayamaru Selatan, Kepala Bidang SDM pada Dinas Kesehatan, Ketua PPNI Provinsi Papua Barat, Kepala Distrik, Kepala Kampung dan masyarakat setempat.

Moment yang haru ini, membuat hadirin meneteskan air mata atas perpisahan tersebut. Tetesan air mata ini karena mengenang jasa baik tenaga NS di Puskesmas Ayamaru Selatan.

Sebagai ungkapan terima kasih, tenaga NS diberikan cendera mata khas budaya Maybrat yakni noken (tas) dan topi yang terbuat dari bahan alam daerah setempat. Selain cendera mata, namun memperoleh penghargaan sertifikat atas kinerja yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top