Peran SMP YPK Soroan Melalui Pendidikan Seni Untuk Melestarikan Budaya Maybrat

IMG 20220319 WA00112

IMG 20220319 WA00112

Matapapua-Maybrat: SMP YPK Paulus Soroan Distrik Ayamaru Barat Kabupaten Maybrat menyelenggarakan ujian praktek seni budaya yang mengangkat terkait budaya Maybrat agar terus dilestarikan sehingga tidak menjadi punah. 

Seni budaya yang dipraktekkan oleh siswa-siswi SMP YPK Paulus Soroan diantaranya tarian Slawa, Oroh, Tihor dan Srar. Tarian tersebut merupakan kekayaan Masyarakat setempat yang harus terus dilestarikan hingga anak cucu.

Guru mata pelajaran seni budaya, Jekson Bleskadit mengaku bahwa budaya orang Maybrat hampir punah karena terpengaruh dengan budaya lainnya dan mengikuti perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, dirinya berupaya agar terus melestarikan budaya terian tersebut melalui pelajaran seni budaya.

Guru Mata Pelajaran Seni Budaya SMP YPK Soroan, Jekson Bleskadit

“Dalam praktek ini sengaja saya pilih tarian tersebut karena terkesan hampir punah. Oleh karena itu, saya bertekad untuk terus dikembangkan melalui pelajaran seni budaya sehingga tarian tersebut tetap ada,” ungkap Jekson, Sabtu (19/3/2022).

Dirinya optimis bahwa melalui mata pelajaran seni budaya tersebut, maka kekayaan budaya Maybrat akan terus berkembang hingga anak cucu.

Selain tarian ini, namun masih banyak budaya lainnya yang diajarkan kepada para siswa agar tetap diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top