Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Maybrat Selenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Screenshot 2021 0930 143003

Matapapua-Maybrat: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, Hendrik Susim, menyelenggarakan sosialisasi terkait pengelolaan sampah di Distrik Ayamaru Utara, Jum’at (24/9/2021) dibuka secara resmi oleh Bupati Maybrat, Dr. Bernard Sagrim melalui Asisten I Setda Kabupaten Maybrat, Dra. Yohana Iek.

Asisten I Setda Kabupaten Maybrat, Yohana Iek mengatakan, masyarakat harus sadar untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dengan cara memelihara pohon secara baik, membuang sampah pada tempatnya dan dilarang membuang sampah di aliran sungai atau danau.

“Kita semua harus sadar untuk menjaga lingkungan di sekitar kita dengan cara menjaga kebersihan. Kalau tidak, maka akan menyebabkan penyakit, banjir, menyebabkan bau yang tidak sedap. Nah oleh karena itu, mari dan kita sadar untuk menjaga lingkungan kita,” tutur Yohana.

Sementara itu, kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maybrat, Hendrik Susim menjelaskan, sosialisasi ini berdasarkan undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, UU nomor 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, UU nomor 32 tahun 2009 tentang pengelolaan lingkungan hidup.

Hal ini berpedoman pada visi kepala daerah Kabupaten Maybrat periode 2017-2019 yakni mewujudkan masyarakat Maybarat yang sehati, bersatu, membangun sumber daya Maybarat untuk kesejahteraan yang adil dan merata.

“Semua program kerja ini berpedoman pada visi-misi kepala daerah sehingga searah. Dan sosialisasi ini dengan tujuan agar masyarakat sadar terkait menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Hendrik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini merancang program kerja seperti melakukan rehabilitas hutan dan lahan di sepanjang jalan utama Sorong-Maybrat, Maybrat-Sorong Selatan yaitu penanaman 125. 000 pohon dengan melibatkan semua elemen termasuk denominasi gereja di Kabupaten Maybrat dengan tujuan untuk menghambat laju erosi terhadap dangkalnya danau Ayamaru, menjaga dan melindungi sumber-sumber mata air agar Maybrat tetap ASRI (Aman, Sejuk, Ramah Dan Indah).

“Saya akan komitmen menanam 125.000 anakan pohon di setiap jalan umum Maybrat-Sorong, Maybrat Sorong Selatan sehingga menjaga ekosistem dan mencegah populasi air,” terangnya

Pada sosialisasi ini dihadiri masyarakat, sejumlah kepala OPD, 7 Kepala Kampung, 5 tokoh selingkup Pemerintah Kabupaten Maybrat dengan antusias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top