Dewan Adat Moi Menggelar Sidang Dewan Adat Untuk Memperkuat Perlindungan Masyarakat Adat

IMG 20190430 075655

IMG 20190430 075655

Matapapua – Aimas : Tidak berjalannya fungsi Dewan Adat Moi dalam kurun waktu yang panjang melatar belakangi diadakannya Sidang Dewan Adat Moi diluar dari biasanya dimana seharusnya dilakukan saat Sabalo yang merupakan wadah representasi musyawarah bagi masyarakat adat Moi.

Ketua LMA Malamoi Silas Ongge Kalami mengatakan, sidang dewan adat Moi ini merupakan bagian penting untuk membangkitkan kembali peran strategis dewan adat mengingat selama ini sejak Sabalo yang lalu dewan adat tidak berjalan baik, sehingga hukum adat moi dinilai tidak berjalan dengan baik.

” Ini agendanya khusus untuk menata dewa adat moi, dulunya kami punya perangkat dewan adat tapi tidak berjalan, dewan adat ini bertugas mengawal hukum adat sehingga diharapkan melalui sidang dewan adat ini dapat berjalan dengan baik, mengingat harusnya untuk membahas dewan adat harus melalui sabalo” kata Sila Ongge Kalami, Senin (29/4/2019).

Bupati Sorong Johny Kamuru melalui staf ahli Bupati bidang hukum dan politik Septinus Lobat mengatakan agar hadirnya dewan adat, LMA Malamoi akan bersinergi dengan pemerintah sehingga dapat saling menguatkan dalam pembangunan daerah.

“Kami harapkan dengan aktifnya LMA Malamoi dan nanti dewan adat akan saling menguatkan dalam pembangunan, terutama dalam mempertahankan adat istiadat, budaya dan hukum adat ditanah Moi” kata Septinus Lobat.

Kegiatan Sidang Dewan Adat berlangsung dalam beberapa hari, diikuti seluruh unsur adat dari distrik-distrik se-Sorong Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top