Andrikus Mofu Meresmikan Gereja Ebenhaezer Ayawasi

IMG 20210206 WA0003

IMG 20210206 WA0003

Matapapua – Maybrat : Ketua BPAM Sinode di tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, M.Th didampingi Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim,MM meresmikan gedung gereja GKI Ebenhaezer Ayawasi Selatan Distrik Aifat Utara Kabupaten Maybrat, Jum’at (5/2/2021)

Pentabisan gereja tersebut diawali dengan ibadah bersama dihadiri ratusan jemaat, dan protokol kesehatan tetap diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua BPAM Sinode di tanah Papua Pdt. Andrikus Mofu,M.Th dalam sambutan mengatakan, melalui HUT PI ke-166, gedung gereja Ebenhaezer ditahbiskan. Hal ini membawa sejarah bagi masuknya Injil di tanah Papua melalui Otto dan Getsler di Mansinam agar Marahari yang sesungguhya yaitu Yesus dapat menerangi orang Papua.

Ketua BPAM Sinode Di Tanah Papua Bersama Bupati Maybrat Menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Gereja Ebenhaezer Ayawasi.

“Ini sejarah karena penthabisan gereja Abenhaeser di Ayawasi ini bertepatan dengan Injil masuk di tanah Papua. Hari ini merupakan harinya seluruh orang Kristen di tanah Papua karena Injil datang melalui Otto dan Getsler pada tahun 1855,” tutur Andrikus Mofu

Sementara itu, Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim,MM dalam sambutannya mengatakan, melalui pentabisan gedung gereja yang baru, maka hati jemaat harus baru dan diawasi oleh Klasis dan para jemaat agar gereja tersebut dapat difungsikan secara baik oleh anggota jemaat. Ditambahkannya, pemerintah tentu berkewajiban untuk memberikan perhatian berupa dana terhadap setiap gereja karena untuk pelayanan terhadap warga jemaat.

“Setiap pembangunan gereja bukan saja hanya tanggung jawab Klasis, namun merupakan tanggung jawab pemerintah terhadap setiap pembangunan gereja karena untuk kelayakan tempat peribadatan. Jadi kalau ada dana, pemerintah tentu bantu,” terang Bernard Sagrim.

Para Hamba Tuhan Bersama Bupati Dan Ketua DPRD Maybrat Berarak Masuk Kedalam Gedung Gereja Baru Ebenhaezer 

Ketua panitia pelaksana, Leonardus Kore, S.Hut saat ditemui mengatakan, suksesnya penthabisan gedung gereja Ebenhaezer ini merupakan kerja sama dengan umat Katolik di Ayawasi karena gereja tersebut merupakan gereja keluarga antara GKI dan Katolik.

Dirinya menambahkan, guna menyukseskan acara tersebut panitia memperoleh bantuan berupa dana dan barang dari para donatur tokoh masyarakat, pemerintah Provinsi Papua Barat, Pemda Maybrat, Pemda Sorong.

“Setiap kegiatan dari gereja GKI, tentu kami kerja sama dengan Katolik. Begitupun demikian, kalau gereja Katolik yang menyelenggarakan kegiatan, kami juga terlibat dalam kegiatan tersebut. Bahkan pembamgunan gereja, kami saling membantu. Itulah kebersamaan kami di Distrik Aifat Utara ini,” terang Leonardus.

Acara penthabisan gedung Gereja GKI Ebenhaezer Ayawasi ini dihadiri ketua BPAM Sinode di tanah Papua, ketua Sinode wilayah VII, Bupati Maybrat, ketua DPRD Maybrat, Ketua dan wakil Klasis Ayamaru, Bakal Klasis Aitinyo, dan Klasis Aifat, Pastor Paroki Santo Yosef Ayawasi hingga acara tersebut berakhir dengan sukses dan aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top