Alfons Sesa : Imeko Layak Dimekarkan Sebagai DOB karena Wilayahnya Sulit

IMG 20230324 WA0063

IMG 20230324 WA0063

Matapapua, Teminabuan: Imeko di kabupaten Sorong Selatan masuk dalam 17 usulan Daerah Otonom Baru (DOB) pemekaran kabupaten/kota di dua provinsi, Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Imeko adalah wilayah yang sangat jauh dari Teminabuan letak ibukota kabupaten Sorong Selatan. Sehingga kabupaten induk mengusulkan Imeko sebagai DOB yang diusulkan ke pemerintah.

Wakil bupati Sorong Selatan, Alfons Sesa, mengatakan Imeko layak dimekarkan sebagai DOB di provinsi Papua Barat Daya.

“Kami sangat bersyukur sekali, ini kesempatan bagi Imeko di wilayah Sorong Selatan itu bisa dimekarkan, karena memang sangat sulit sekali jangkauannya ke Teminabuan,” ujar Alfons Sesa, Jumat (24/3/2023).

Dikatakan, Sorong Selatan sebagai kabupaten induk telah mengusulkan Imeko sebagai DOB sejak tahun 2015. “Kami telah melengkapi dokumen bahkan sekarang sudah masuk Ampres,” tandas Sesa.

Menurutnya, wilayah Imeko memang sangat sulit untuk dijangkau. Oleh karena itu, satu-satunya jalan adalah dimekarkan.

Sementara Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengatakan seluruh Penjabat Gubernur di Tanah Papua berkumpul guna merespon undangan dari DPR RI terkait agenda pembentukan daerah otonom baru kabupaten/kota.

“Kita tau bahwa ada daerah di Papua Barat Daya yang sudah mengusulkan pemekaran. Dan bahkan ada pula yang sudah sampai pada Ampres,” terangnya.

Pj Gubernur berharap, daerah-daerah yang diusulkan sebagai DOB di Papua Barat Daya, dapat direkomendasikan oleh DPR RI untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Daerah Otonom Baru.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top