Satu Dekade Pengelolaan Program JKN Kuat dan Berkualitas, Untuk Wujudkan Indonesia Semakin Sehat

SORONG – Sejak diluncurkan sepuluh tahun lalu, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi peserta JKN di seluruh negeri. Selama satu dekade perjalanan mengelolah Program JKN, BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai upaya, mengembangkan terobosan dan tetap berkomitmen untuk mengoptimalkan peranannya dalam peningkatkan akses dan mutu layanan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia.

Salah satu peserta JKN yang telah merasakan langsung hal tersebut adalah Sonya Mainolo (51). Sonya yang saat itu sedang menemani anaknya menjalani rawat inap pada salah satu rumah sakit di daerah Sorong mengaku, selama menggunakan Program JKN untuk dirinya dan keluarga, dirinya selalu mendapatkan pengalaman positif. Dia lantas memberikan apresiasinya karena merasa sangat terbantu dengan hadirnya Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

“Saya dan keluarga sudah beberapa kali menggunakan BPJS untuk berbagai perawatan medis dan selalu mendapatkan pelayanan yang baik dari semua petugas. Semuanya gratis tanpa biaya,” cerita Sonya Selasa (09/07).

Sonya mengungkapkan, dirinya selalu merasa tenang karena telah aktif sebagai peserta JKN. Selama menggunakan JKN untuk berobat, biaya pengobatannya selalu ditanggung sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tanpa ada biaya tambahan yang tidak terduga. Dia juga menyatakan pelayanan kesehatan yang didapatkannya selama ini telah baik dan tidak pernah mengalami kendala.

“Selama pakai BPJS untuk berobat saya merasa sangat terbantu, pelayanan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain tempat saya berobat juga mudah dan cepat. Yang penting sesuai alur dan ketentuan semuanya pasti lancar. Saya berharap BPJS Kesehatan bisa terus meningkatkan kualitas pelayanan, agar semua masyarakat bisa terus meraskakan layanan kesehatan yang berkualitas,” ungkap Sonya

Pada kesempatan terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama mengatakan, satu dekade Program JKN menjadi penyemangat BPJS Kesehatan dalam memberikan konstribusi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Program JKN telah menjadi landasan yang kuat dalam penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas untuk seluruh peserta. Melalui Program ini, setiap peserta JKN aktif dapat memperoleh jaminan kesehatan secara gratis pada saat membutuhkan layanan kesehatan. Berbagai proses dan tantangan telah dilewati oleh BPJS Kesehatan.

“Program JKN merupakan tonggak penting bagi perlindungan jaminan kesehatan masyarakat Indonesia. Tentunya komitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan akan kita jaga dan tingkatkan, agar setiap peserta JKN mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan setara,” kata Pupung.

Pupung kemudian menerangakan, transformasi kebijakan identitas tunggal melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau pada identitas lainnya yang dimiliki peserta menjadi salah satu bukti komitmen pihaknya dalam mepermudah persyaratan administrasi yang lebih praktis saat membutuhkan layanan di fasilitas kesehatan. Peserta JKN juga dapat dengan mudah mengakses informasi dan layanan kesehatan secara cepat dan efisien melalui pemanfaatan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) di nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Care Center 165 serta Aplikasi Mobile JKN. BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan jemput bola langsung, dengan turun ke masyarakat melalui Program BPJS Keliling. Selain itu, kini terdapat juga BPJS Online yang memungkinkan peserta yang sulit menjangkau kantor BPJS setempat untuk tetap mendapatkan layanan tanpa kendala jarak dan waktu.

“Kami berupaya agar semua peserta JKN khususnya di wilayah Sorong Raya dapat merasakan layanan kesehatan yang lebih baik. Salah satu fokus utama kami saat ini yaitu memberikan pelayanan bagi masyarakat yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan dengan datang langsung ke lokasi mereka untuk memberikan layanan yang diperlukan,” terang Pupung.

Pupung juga menegaskan, kolaborasi dengan seluruh stakeholder, termasuk pemerintah daerah, fasilitas kesehatan dan masyarakat juga sangat penting dalam keberhasilan dan keberlanjutan Program JKN. BPJS Kesehatan akan memastikan bahwa janji layanan dapat terwujud dengan memberikan akses kesehatan yang sama dan tanpa diskriminasi bagi semua peserta JKN di setiap fasilitas kesehatan. Ini menjadi landasan utama dalam memastikan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia melalui sistem kesehatan yang inklusif dan adil.

“Kontribusi semua pihak sangat penting dalam mendukung dan menjalankan Program JKN dengan baik selama satu dekade ini. Mari kita bersama-sama untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan kesehatan yang lebih sehat dan bermartabat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas Pupung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top