Sambut HKG ke-48, Tim Penggerak PKK Kabsor Anjangsana ke Posbindu di Makbalim

IMG 20200225 100101

IMG 20200225 100101

Matapapua – Makbalim :Sebagai bentuk kepedulian pengurus tim penggerak PKK Kabupaten Sorong kepada warga lanjut usia, panitia Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-48 dan pengurus tim penggerak PKK Kabupaten Sorong menggelar anjangsana ke pos binaan terpadu teratai putih 01 kelurahan Makbalim, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong – Papua Barat, Selasa (25/2).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sorong, Ny. Junita Linda Kraar Kamuru menyebutkan melalui anjangsana ke Posbindu teratai putih 01 Makbalim ini diharapkan agar warga lansia mendapatkan perhatian, terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan, mengingat warga usia lanjut ini punya keluhan yang harus ditangani secara medis.

” Kepada mereka yang sudah berusia lanjut di atas 50 tahun yg di katakan dengan lansia, sangat rentan sekali terkena penyakit, jadi terkait dengan anjangsana di hari ini ada beberapa pemeriksaan yang akan di laksanakan oleh petugas kesehatan yang ada di posbindu teratai putih 01, yaitu pengecekan kolestrol, darah juga pemeriksaan kesehatan lainya. Kami menghimbau kepala masyarakat agar setiap bulannya mendatangi posbindu untuk mendapatkan layanan ” kata Junita Linda Kraar Kamuru.

Lurah Makbalim, Rusdi Tuarita menyebutkan pelayanan pos lansia atau Posbindu Makbalim telah berjalan rutin setiap bulannya, namun karena ada rehabilitasi gedung maka peserta Posbindu mengikuti kegiatan di pasar Makbalim, selain itu pemerintah kelurahan juga telah menganggarkan insentif kepada 10 kader Posyandu melalui dana kelurahan.

” Pembinaan kesehatan di Makbalim sebenarnya ada konsep pembalaian seumur hidup, ketika sudah menikah dan mempunyai anak baik anaknya di bawah umur 5 tahun kami layani di posyandu balita, setelah anaknya berumur 5 tahun kami masuki dalan UKS, ketika anaknya umur 13 sampai 15tahun kami layani di PKPR, setelah umurnya 15 sampai 55 tahun di posbindu PTN selanjutnya setelah 60 tahun keatas maka keposyandu lansia, seperti yang kita liat saat ini ” kata Rusdi Tuarita.

Berdasarkan data pelayanan kader Posbindu, penyakit tidak menular yang diderita pasien yakni diabetes melitus dan kolestrol yang harus dipantau secara rutin dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top