Polres Raja Ampat,dan pemda Menanam 350 Bibit mangrove di pesisir Pantai Waisai.PT Gag Nikel mendukung Penuh pelestarian alam

Kapolres Raja Ampat Edwin Parsaoran, Asisten I Setda Wahab Sangaji, Perwakilan TNI,PT Gag Nikel Modi.Saat mengikuti Kegiatan Penanaman Mangrove di pesisir Waisai.(Foto drk.MATAPAPUA)

Matapapua,Waisai-Polres Raja Ampat Polda Papua Barat Daya dan pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat, berkolaborasi bersama PT Gag Nikel menggelar penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai perumahan 300 kelurahan bonkawir Distrik kota waisai Raja Ampat,Rabu 3/7/2024).

Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran,S.I.K,.M.I.K,mengatakan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari perayaan HUT Bhayangkara ke 78. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pelestarian lingkungan untuk generasi yang akan datang.

Menurutnya,keberadaan mangrove harus dijaga agar lingkungan tetap terjaga dari kerusakan akibat pencemaran dan aktivitas manusia atau abrasi pantai.

“ Penanaman bibit mangrove sebanyak 350 pohon digelar polres Raja Ampat masih dalam rangkaian HUT bhayangkara ke-78,”ucap.Edwin Parsaoran.

Sementara itu,Bupati Raja Ampat melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Raja Ampat, ir.Wahab Sangaji

ketika hadir mewakili pemda Raja Ampat sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Polres Raja Ampat yang berkolaborasi dengan PT Gag Nikel untuk melakukan penanaman mangrove kawasan pesisir Waisai.

Asisten Bupati bidang Ekonomi dan pembangunan itu, menjelaskan,penanaman bibit mangrove yang dilakukan tersebut,sebagai upaya untuk menjaga lingkungan.Hutan mangrove di Raja Ampat harus dijaga dan tidak dirusak karena keberadaannya semakin berkurang akibat penebangan yang terus dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kata dia,luas hutan mangrove di Raja Ampat, tidak seluas hutan lindung dan wilayah cagar alam.Namun memiliki fungsi yang sangat penting bagi lingkungan dan manusia. ” 

Raja Ampat adalah wilayah yang memiliki potensi rawan tsunami.Oleh karena itu dengan adanya Pohon mangrove kawasan pesisir pantai.Maka akan menahan gelombang tsunami atau abrasi pantai,dan tentunya mengurangi kerusakan yang akan terjadi di wilayah kawasan pesisir Pantai.

Wahab Menambahkan,hutan mangrove memiliki banyak manfaat yakni,menjadi tempat hidup sejumlah biota,seperti ikan dan kepiting, yang bisa dimanfaatkan untuk warga sekitar.

Perwakilan PT GAG Nikel,Modi. Menyampaikan bahwa PT Gag Nikel saat ini berkolaborasi dengan Pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat,dan TNI,Polri.

Salah satunya, kegiatan penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai perumahan 300 Waisai ibu kota kabupaten Raja Ampat yang dilakukan oleh Polres Raja Ampat.

Menurutnya,ini langka pelestarian PT Gag Nikel selalu mendukung penuh program pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan semua pihak yang memiliki kegiatan dan program menjaga alam.

Dia menambahkan,upaya yang dilakukan Polres Raja Ampat dan Pemda Raja Ampat berkolaborasi dengan PT Gag Nikel, merupakan bentuk kepedulian ikut menjaga lingkungan alam agar tetap terjaga dari kerusakan alam.

“ Ia mendorong, agar kedepannya kegiatan seperti ini tentunya melibatkan masyarakat lokal dalam melestarikan alam ”

Kami dari PT Gag Nikel mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove di pesisir Kawasan Pantai 300 Waisai Raja Ampat,yang dilakukan Polres Raja Ampat dan Pemerintah daerah.Dengan menanam 350 bibit pohon mangrove.Langkah ini bagi kami guna menjaga hutan mangrove melindungi Pantai akibat kerusakan dan abrasi pantai,Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top