Peresmian dan Pentahbisan Kantor Bakal Klasis Gereja Kristen Injili di Tanah Malamoi

0 IMG 20220228 112155

0 IMG 20220228 112155

Matapapua – Klayili : Peresmian dan Pentahbisan Kantor Bakal Klasis Gereja Kristen Injili Malamoi, Bertempat di lokasi kantor bakal Klasis Malamoi Jln Sorong Klayili, Kabupaten Sorong, Senin (28/2/2022)

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, SH., M. Si., dalam sambutanya mengatakan awalnya tanah Klasis diperuntukkan bagi BKN, namun karena ada rencana pembangunan kantor Klasis maka tanah yang awalnya 5 hektare dibagi sehingga 2 hektare diperuntukkan bagi Klasis, 3 hektare untuk BKN.

” Pembangunan Kantor Klasis Malamoi ini didirikan ditanah yang awalnya diperuntukkan pembangunan kantor BKN tetapi sudah dibayarkan, yang mana 5 hektar dibagi 3 hektar untuk BKN, 2 hektar untuk Kantor Klasis Malamoi sudah sesuai dengan aturan kita bayar ” kata Johny Kamuru.

Penuh rasa bahagia Bupati Sorong mengatakan peresmian kantor Klasis ini disambut dengan kebahagiaan dan sukacita khususnya bagi umat Kristiani, setelah di bangunya kantor Klasis di Kabupaten Sorong.

” Hari ini kita boleh bersukacita dan akhirnya kita bisa bangun kantor Klasis Malamoi, dan juga rumah jabatan yang belum selesai dibangun, oleh sebab itu kepada bapak gubernur pada tahun kemarin saya sudah bermohon bahkan bapak ketua Sinode juga sudah sampaikan di tahun kemarin di perubahan kita sudah dibantu 3 Milyar, tapi tidak tahu proses mekanisme seperti apa akhirnya dipending ditunda tapi katanya pada tahun ini kita dibantu 3 miliar ” ucapnya

Ditambahkanya seluruh umat yang telah hadir sangat penuh sukacita menyambut kehadiran kantor Klasis di Kabupaten Sorong, dan juga merindukan punya Klasis sendiri.

“Kepada seluruh jemaat yang telah hadir luar biasa sukacita karena sudah merindukan punya Klasis sendiri, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada ketua Klasis Sorong yang dengan rela hati dengan komitmen sama-sama dapat melepaskan Klasis Malamoi nanti untuk ke Waropen” tambahnya

” Di dunia ini tidak ada jalan pintas, semua harus ada proses. Saya membacakan catatan ini semoga mewakili Bapak Gubernur dari setiap pemberian bukannya untuk menang, tetapi ikut serta. Demikian juga hal terpenting dalam hidup bukanlah kemenangan tetapi perjuangan, hal terpenting bukanlah berhasil menaklukkan namun telah bertanding sebaik mungkin. Saya membangun Klasia Sorong ini sebelum mengakhiri jabatan saya telah bertanding sebaik mungkin ” pungkasnya.

Ketua Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua, Pdt Andrikus Mofu, M. Th., mengatakan sebenarnya masih status bakal Klasis tetapi ini juga meyakinkan bahwa dengan peresmian ini maka Klasis ini pasti menjadi Klasis mandiri.

” Kita semua bersyukur dan memuliakan tuhan karena ini gedung kantor Klasis GKI Malamoi telah selesai dibangun dan hari ini mulai diresmikan dan diteruskan pembangunanya. Saya tidak banyak mengurai tentang apa yang penting berkaitan dengan hadirnya kantor ini karena tadi saya sudah instruksi kepada hamba tuhan wakil ketua Sinode untuk meningkatkan secara khusus badan pekerja Klasis melalui ke depan memanfaatkan menggunakan kantor ini, sebagai pusat kendali layanan secara khusus di wilayah pelayanan Klasis ” Kata Andrikus Mofu

” Selaku ketua berharap kiranya kantor ini benar-benar menjadi pusat kendali pelayanan pekerjaan tuhan di Klasis, semua hal yang berkaitan dengan administrasi, fungsi tugas pengendali layanan harus dikerjakan secara baik dan secara mantap di sini karena pekerjaan pelayanan itu dapat berlangsung secara baik ketika direncanakan secara baik dan di programkan secara baik dan juga dieksekusi tepat pada waktunya ” tuturnya.

Gubernur Papua Barat Dr. Dominggus Mandacan, M. Si., mengatakan di Provinsi Papua Barat baik Gubernur, Walikota dan Bupati, mempunya komitmen untuk mendukung kegiatan keagamaan khususnya gereja, mendukung sehingga bakal-bakal Klasis dapat dibangun kantornya.

” Gereja merupakan salah satu lembaga yang dipanggil dalam suatu bentuk persekutuan, kesaksian dan pelayanan kasih, mempunyai peranan layanan dan tanggung jawab yang sangat besar dalam pembinaan mental dan spiritual umat dalam mewujudkan visi gereja sebagai lembaga dalam realisasinya. Pemerintah juga akan selalu hadir di tangan masyarakat di tengah jemaat tuhan dalam pembinaan dan pembangunan di bidang keagamaan, pemerintah senantiasa mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting sebagai integral dan upaya memetakan landasan moral dan spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional dan daerah dengan demikian manusia sebagai sumber pembangunan akan mampu menempatkan diri dalam keselarasan keseimbangan dan keserasian hidup antara manusia satu dengan yang lainnya ” Kata Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Gubernur berharap dengan hadirnya kantor Klasis dapat dijaga, dapat dirawat dengan baik sehingga ketua Klasis dan semua pekerja Klasis dapat melayani jamaat-jamaat yang ada di lingkungan sekitar Malamoi.

” Saya berharap kantor ini dapat dijaga, dapat dipelihara dengan baik sehingga ketua Klasis dan semua pekerjaan Klasis dapat melayani Jamaat-jamaat yang ada di lingkungan sekitar Malamoi, sehingga kita dapat berjumpa pada tanggal 17 juli 2022 di Waropen pada sidang Sinode, kalau Klasis ini sudah bisa masuk memenuhi syarat dan bisa diresmikan atau bisa ditetapkan pada sidang Sinode menjadi Klasis penuh ” harapnya

Luas seluruh bidang tanah Klasis Malamoi 20.000 m², dengan nilai perolehan Rp3.912.798.500., Milyar. Bangunan kantor luar 1.080 m² dengan nilai pekerjaan 8 Milyar, Jalan Cor lebar 5 meter dengan panjang 144 meter, 4 talut penahan jalan dengan panjang 86 meter, boxcover satu buah ukuran 12x2x1 m, nilai pekerjaan jalan cor dan talut penahan badan jalan dan boxcover sebesar Rp1.884.742.000., Milyar total seluruh aset oleh pemerintah daerah kabupaten Sorong Klasis Malamoi sebesar Rp13.797.540.500., Milyar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top