Ketua DPD RI Memberikan Kuliah Umum Bagi Sivitas Akademika UNIMUDA Sorong

IMG 20210202 125158

IMG 20210202 125158

Matapapua – Aimas : Kuliah Umum Universitas pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dengan Tema The Power of Young Generatiaon, bersama Ir. AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, ketua DPD RI pada Senin (1/2).

Rektor UNIMUDA Sorong Dr. Rustamaji M. Si., mengatakan Kampus ini berawal dari tahun 2004 yang dan berubah menjadi UNIMUDA Sorong dimana UNIMUDA memiliki filosofi orang orang yang berjiwa dan semangat muda.

” Jumlah lokasi di Unimuda seluas 73 Ha dan prodi berjumlah 26 prodi. Jumlah dosen adalah 135 dosen tetap dengan pendidikan doktor dan magister yang berasal dari berbagai daerah dan mahasiswa berjumlah 4731 orang dari mayoritas masyarakat Papua Kristen, dan mahassiwa baru kami 2000 orang lebih. Sejak berdiri tahun 2004 dosen mahasiswa dengan lingkungan baik baik saja dan tidak pernah terjadi konflik ” kata Rektor Rustamaji

Tambahnya UNIMUDA Sorong menjadi kampus terbaik di Papua Barat baik negeri maupun swasta, juga sangat menjaga kebersihan kampus kampus ini sekaligus menjadi kampus wisata karena setiap hari ada anak anak dan orangtua yang berkunjung.

Acara ini kuliah umum ini disiarkan secara langsung dan juga daring dan diikuti oleh ratusan mahasiswa diluar. Dengan presentase yang sangat tinggi ini menunjukkan bahwa semangat kuliah anak anak Papua sangat tinggi.

” Anak anak Papua yang ada disini banyak yang berprestasi karena ada yang menjadi wisudawan terbaik. Kami juga akan membuat pulau Mangrove di belakang kampus dan kita akan membuat cafe serta ruang meeting dan homestay ” ujarnya.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan berdasarkan cluster pendidikan bahwa ini adalah prestasi yang membanggakan atas prestasi UNIMUDA dari 80 persen mahasiswa adalah orang asli Papua. Integrasi bangsa harus tetap dipertahankan.

” Hadirnya Muhammadiyah cukup mengambil peran dalam mencerdaskan anak bangsa tanpa memandang suku. Saya tidak hadir sendiri namun bersama senator untuk melihat perkembangan UNIMUDA Sorong sebagai lembaga perjuangan pendidikan dan dakwah ” kata LaNyalla Mahmud

Menuntut ilmu adalah kewajiban umat Islam. Saya gembira bisa menginjakkan kaki di tanah Sorong sebagai pintu gerbang wilayah Papua dimana sorong masuk dalam kawasan strategis nasional.

” Penduduk di luar Kota Sorong berdatangan kesini untuk singgah dan ini menciptakan keunikan dan kemajemukan. Saya ingin mengulang yang dikatakan bung Karno berikan aku seribu orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia. Ini menunjukkan bahwa masa depan bangsa terletak pada pundak anak muda ” ucapnya.

Ditambahkannya semangat untuk melakukan perubahan, pembangunan, terobosan dan modernisasi, pendidikan dan pantang menyerah. Ini adalah semangat yang wajib dimiliki oleh mahasiswa.

” Saat ini seluruh bangsa sedang bersaing untuk bertahan dari krisis global. Semangat melalukan perubahan karena perubahan adalah keniscayaan dan pemuda harus siap melakukan perubahan agar kehidupan menjadi lebih baik. Semangat melakukan pembangunan bahwa pemuda sebagai agen pembangunan dimana pemuda memiliki peran dalam merencanakan dan mendukung pembangunan di berbagai bidang. Para pemuda Indonesia wajib menjaga eksistensi bangsa di mata dunia dimana salah satunya adalah mengembangkan kebudayaan daerah ” tambahnya.

Semangat melakukan terobosan dan menjadi agen pembaharuan bangsa harus dimiliki pemuda. Bangsa Indonesia juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Agar dapat menjalani pendidikan karena tanpa adanya pendidikan yang kuat maka pemuda Indonesia sulit untuk menjalankan peranannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top