Ciptakan Kemandirian Ekonomi, Yayasan Kasih Ludia Melatih 200 UMKM Di Sorong

IMG 20230128 WA0005

IMG 20230128 WA0005

Matapapua – SORONG : Sebanyak 200 peserta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Sorong Papua Barat Daya Ikut Pelatihan Dan Pemberdayaan Kewirausahaan di Hotel Vega Sorong, pada Jumat (27/01/2023).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini digelar oleh Yayasan Kasih Ludia Sorong bertujuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi para pelaku UMKM di Kota Sorong.

Ketua Yayasan Kasih Ludia Sorong, Engeltje Nancy Leona Marlisa dalam sambutannya mengatakan, pelatihan bagi pelaku UMKM ini sebagai upaya untuk menekan angka pengaguran dan kemiskinan di Kota Sorong.

Menurutnya, dalam mengatasi pengangguran di Kota Sorong tidak hanya melalui teori saja melainkan dibutukan upaya untuk membuka lapangan kerja sendiri.

Penjabat Wali Kota Sorong, George Yarangga membuka secara langsung kegiatan Pelatihan Dan Pemberdayaan Kewirausahaan bagi 200 peserta pelaku UMKM di Hotel Vega Sorong

” Artinya upaya ini tentu perlu menanamkan jiwa kewirausaha sehingga pelaku UMKM tidak tergantung dengan lapangan kerja yang terbatas,” Ujar Engletje

Baginya, untuk mencapai hal itu, tidak hanya melalui pemberian modal untuk membuka usaha baru tetapi perlu diberikan pelatihan untuk membangkitkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan masyarakat. Hal inilah yang melatarbelakangi kami untuk melakukan program tersebut.

Tak hanya pelatihan ini, Yayasan Kasih Ludia Sorong juga sudah banyak melakukan kegiatan sosial seperti program strategis yang sudah dilaksanakan di tahun 2022 lalu antara lain pemberian beasiswa bagi siswa-siswi TK, SD, SMP dan SMA bahkan sampai ke tingkat Perguruan Tinggi yang total biaya keseluruhannya sebesar Rp200 juta.

Adapun bantuan tali kasih kepada hamba -hamba Tuhan berupa fasilitas alat elektronik yaitu Galaksi Tap Samsung sebesar Rp100 juta. Bantuan ini bertujuan untuk menunjang tugas dan pelayanan hamba-hamba Tuhan.

Kemudian program bantuan di tahun 2023 yakni mendirikan rumah belajar bagi anak-anak yang putus sekolah. Kemudian bantuan berupa alat-alat belajar dan alat-alat mengajar serta pelatihan wirausaha bagi pelaku UMKM yang saat ini sedang berlangsung.

 

Pj Wali Kota Sorong, George Yarangga , Ketua Yayasan Ludia Sorong, Engeltje Nancy Leona Marlisa dan Anggota DPR Provinsi Papua Barat, Fredy Marlisa saat di wawancara awak media

Sementara itu, Penjabat Walikota Sorong. George Yarangga memberikan apresiasi kepada Yayasan Kasih Ludia dimana telah membantu pemerintah dalam hal menggagas seminar kewirausahaan bagi pelaku UMKM.

” kegiatan ini sangat membantu pemerintah untuk membangun dan meningkatkan serta memajukan daerah melalui pelaku usaha UMKM guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” Ungkap George saat memberikan sambutan

Ia menambahkan, Seluruh organisasi perangkat daerah terkait akan didorong untuk memfasilitasi agar memberikan kemudahan bagi UMKM, agar lebih berkembang dan mandiri.

George juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Kasih Ludia karena sudah banyak memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya bagi Orang AslinPapua (OAP) dimana twlah memberikan bantuan kedehatan dan pendidikan serta bantuan lainnya.

” Kami berharap melalui pelatihan ini, masyarakat dapat terbantu untuk mengembangkan usahanya,” Harapan George.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a comment
scroll to top