Peralihan SMA/SMK Dari Provinsi Ke Kabupaten, Kadis Pendidikan Maybrat Turun Ke setiap Sekolah

IMG 20230302 0911392
Spread the love

Matapapua-Maybrat: Peralihan kewenangan urusan SMA/SMK dari Provinsi Papua Barat dan Papua ke Kota/Kabupaten telah diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2023 sebagai implementasi amanat Peraturan Pemerintah (PP) 106 Tahun 2021.

Berlakunya peralihan ini, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat, Kornelius Kambu,S.Sos.,M.Si secara langsung turun ke setiap SMA/SMK se-Kabupaten Maybrat untuk menyerahkan SKP kepada 48 guru. Hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Kabupaten Maybrat dalam mengelola urusan baik TK/PAUD, SD, SMP hingga SMA/SMK.

Dengan berlakunya peralihan SMA/SMK ini, Kornelius Kambu menegaskan agar memperhatikan kedisiplinan dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga menjadi jauh lebih baik.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat, Kornelius Kambu (Baju Batik Biru Tengah) Saat Memberikan Arahan Di SMA N 1 Ayamaru

“Ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, oleh karena itu harus tingkatkan disiplin baik itu disiplin waktu harus masuk sesuai waktu yang sudah ditentukan maupun disiplin belajar mengajar. Artinya usahakan supaya jangan ada jam yang kosong dalam mengajar,” tegas Kornelius Kambu, Kamis (2/3/2023)

Selain itu, dirinya menuturkan bahwa peningkatan mutu pendidikan bukan saja menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan, namun membutuhkan dukungan dari semua stakeholder terutama masyarakat.

“Semua stakeholder harus mendukung pendidikan karena untuk menciptakan generasi Maybrat yang cerdas. Oleh karena itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Terutama orang tua harus memperhatikan pendidikan anak. Di sekolah hanya belajar dari pukul 7.30 hingga pukul 13.30. Selebihnya menjadi tanggung jawab orang tua. Buktinya saja tadi sudah pukul 09.00 saja masih ada siswa yang baru datang dari rumah. Kalau pendidikan seperti ini, bagaimana mau disiplin waktu. Karena tidak mungkin guru yang harus panggil siswa di rumah masing-masing,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat ini.

Baca juga:  FST UNIMUDA Berkomitmen Mendorong Penggunaan Energi Terbarukan
Foto Kepala Dinas Pendidikan Bersama Para Guru SMA N 1 Ayamaru

Tak mengenal lelah, Kepala Dinas ini selalu mengunjungi setiap SMA dan SMK untuk memberikan SKP dan arahan kepada pimpinan dan dewan guru dengan penuh semangat meskipun jangkauan transportasi sangat jauh antar wilayah. Hal ini dilakukan karena menjadi tanggung jawab sebagai Kepala Dinas Pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *