The news is by your side.

Pertama Di Dunia, Budidaya Hiu Belimbing Di Raja Ampat

0

Matapapua – Raja Ampat : Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat yang juga sebagai Ketua Tim Koordinasi Pelaksana Proyek Restocking Hiu Belimbing, Papua Barat (Proyek StAR), Charly D Heatubun mengatakan bahwa, menueut penelitian populasi Hiu Belimbing di Raja Ampat sejak 2016 hampir punah. Rabu, (30/11/2022)

Guna memulihkan keberadaan Hiu Belimbing di Raja Ampat, Papua Barat Daya maka proyek StAR (Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery) diluncurkan. Proyek StAR adalah sebuah inisiatif kolaborasi antar negara untuk membangun kembali populasi Hiu Belimbing yang sehat, beragam secara genetik, dan dapat berkembang biak secara mandiri di Papua Barat melalui translokasi telur dari stok pembiakan akuarium internasional.

 

Baby Hiu Belimbing diberi makan oleh Ketua Steering Committee konsorsium StAR Project, Dr. Erin Leigh Meyer Beetham didampingi Ketua Dewan Pengurus Konservasi Indonesia, Meizani dan Ketua Tim Proyek StAR Provinsi Papua Barat Prof.Dr.Charly Heatubun

” Kemudian diharapkan Hiu Belimbing ini akan menjadi salah satu icon baru di Raja Ampat dalam hal wisata diving dan juga dapat memberi kontribusi yang luar biasa terutama dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Raja Ampat,” Pungkasnya

Selain itu, pihaknya juga akan terus berkomitmen untuk menjaga ekosistem dan populasi laut yang sehat. Tambahnya, hal ini merupakan terobosan baru yang pertama didunia sehingga melibatkan 70 mitra dari 13 negara bergabung untuk melaksanakan kegiatan ini, tentunya ini bisa membawa nama baik Raja Ampat, Papua Barat, Papua Barat Daya dan Indonesia.

Menurutnya, sesuai dengan SOP kedepan Hiu Belimbing akan dipasangkan alat pendeteksi untuk melihat pergerakan dan perkembangan Hiu Belimbing di perairan Raja Ampat.

” Kami jug berharap nantinya akan ada pengiriman baby hiu dari Amerika sambil menunggu dari hasil penelitian jika hasil populasi Hiu Belimbing sudah siap menjadi pariwisata berkelanjutan di Raja Ampat,” harapannya.

Dari pantauan Mata Papua. Baby Hiu Belimbing yang berusia baru dua bulan ini didatangi dari Australia tersebut di budidayakan di Pulau KRI, Distrik Meosmansa Kabupaten Raja Ampat. Ada 3 ekor Hiu dua diantaranya betina yang diberi nama Kathlyn dan Audrey dan satu ekor jantan diberi nama Charley. Masing-masing memiliki panjang 51 hingga 58 cm.

Perlu diketahui bahwa, makanan baby Hiu Belimbing adalah Moluska atau seafood.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey