The news is by your side.

Momen Wisuda IAIN Sorong Terasa Special Saat Dipandu 3 Bahasa

0

Matapapua – SORONG : Momen Wisuda Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong saat mewisudakan 176 cendekiawan baru. Kali ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan wisuda di tahun-tahun sebelumnya. Seremonial acara wisuda terasa begitu special karena dipandu dengan tiga bahasa yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Senin, (28/11/2022)

Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag Menjelaskan, di momen wisuda ini, IAIN Sorong ingin memperkenalkan status dan jati diri kampus kepada kalangan khalayak dimana IAIN menerapkan program pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Menurutnya, selain menerapkan tiga program bahasa ini, sebenarnya IAIN juga ingin menerapkan bahasa Mandarin namun langkah tersebut terkendala dikarenakan belum menemukan tenaga pendidik yang membidangi bahasa tersebut.

Momen foto bersama, Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag dan tiga Wisudawan/ti lulusan terbaik.

 

” Jika kedepan sudah ada tenaga pendidik bahasa mandarin maka kami akan segera menerapkan pada aktivitas perkuliahan. Bahkan tidak menutup kemungkinan wisuda tahun mendatang akan dipandu juga menggunakan bahasa mandarin,” Ungkap Hamzah di ruang Rektor

Namun yang terpenting tambahnya, Bahasa Indonesia harus diutamakan karena bahasa tersebut merupakan jati diri kita sebagai Warga Negara Indonesia. Selain itu, bahasa daerah dari Papua juga kedepan direncanakan akan diterapkan.

” IAIN memiliki empat pilar kepembinaan yakni, Keislaman, Keindonesiaan, kepapuaan dan kepemimpinan,” tambahnya

Dalam kesempatan ini, IAIN Sorong telah meluluskan sebanyak 176 Wisudawan/ti. Tiga diantaranya lulus dengan predikat kumlaude. Yakni, Sarmi, M. Pd dari Prodi S1 Fakuktas Syariah dan Dakwah, Muhammad Hendra, S. E, dengan IPK 3,96 dari program Pascasarjana dan wisudawati terbaik selanjutnya ialah Dina Suci Yunita, S.Pd, dengan IPK 3,93.

Dari 176 wisudawan/ti tersebut, 166 lulusan sarjana dan 10 lulusan magister. Wisudawan Prodi S1 terdiri dari tiga Fakultas, di antaranya Fakultas Tarbiyah sebanyak 60 orang dan Fakultas Dakwah dan Syariah sebanyak 106 orang.

Hadir dalam kegiatan acara Wisudawan/ti IAIN Sorong Staf Ahli Walikota Sorong bidang Pemerintahan Hukum dan Politik mewakili PJ Wlikota Sorong, George Yarangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey