The news is by your side.

Dinilai Layak, Dua Puskesmas Kaji Banding Di Puskesmas Ayamaru Selatan

0

Matapapua-Maybrat: Puskesmas Aifat dan Puskesmas Aitinyo Tengah melakukan kaji banding di Puskesmas Ayamaru Selatan dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat Paber Hutahayan, Kamis (8/9/2022)

Paber Hutahayan mengatakan, Kaji banding tersebut dalam rangka mencapai Visi dan Misi Puskesmas untuk meningkatkan mutu dan kinerja agar mencapai pelayanan kesehatan yang maksimal. Kaji Banding dilakukan sebagai upaya berbenah menuju peningkatan pelayanan kesehatan sehingga mengurangi rujukan ke daerah lain.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, Paber Hutahayan

“Kaji banding ini intinya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sehingga menjadi jauh lebih maksimal agar kesejahteraan masyarakat terpenuhi,” ungkap Hutahayan.

Dirinya menegaskan bahwa tenaga kesehatan di setiap Puskesmas harus bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar sehingga mencapai target yang diharapkan.

“Jangan tenaga kesehatan bekerja sesuai dengan keinginan tapi tidak mengikuti SOP kesehatan yang benar. Dan selama ini di Maybrat masih mengalami kendala yakni kekurangan SDM dan alat kesehatan. Jadi melalui kaji banding tersebut, bisa membawa perubahan,” terangnya.

Sementara itu, kepala Puskesmas Ayamaru Selatan, Novita Sagrim mengungkapkan pada intinya selalu siap menerima tenaga kesehatan dari Puskesmas Aitinyo Tengah dan Aifat untuk saling membagi ilmu agar meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di wilayah kerja dengan baik. Selain itu juga untuk menuju pada akreditasi nantinya bisa mencapai hasil yang memuaskan.

“Kami selalu siap menerima teman-teman kami untuk saling membagi apa yang menjadi kelebihan dari kami akan kami bagi dan yang kurang akan bersama-bersama melengkapi. Nah ini tujuan dari kaji banding tersebut.

Kepala Puskesmas Ayamaru Selatan, Novita Sagrim

Dirinya mengaku bahwa metode pelayanan yang digunakan yakni di dalam gedung dan di luar gedung untuk berhadapan secara langsung dengan masyarakat karena wilayah pelayanan sangat jauh

“Supaya pelayanan menyentuh kepada masyarakat, kami membagi tugas. Naskes yang lain turun lapangan dan yang lainnya berada di gedung,” terangnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Puskesmas Ayamaru Selatan selalu membangun kerja sama dengan semua pihak diantaranya Kepala Distrik, kepala Kampung, intelektual, para tokoh dan masyarakat sehingga pelayanan tepat sasaran dan keamanan terjamin.

Perlu diketahui, Puskesmas Ayamaru Selatan telah terakreditasi madya melalui hasil kerja keras pimpinan dan staf puskesmas untuk mencapai hasil tersebut dengan meningkatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey