The news is by your side.

15 Tahun Di Impikan, Ketua Umum KKMT Kabsor Di Lantik

0

Matapapua – Aimas : Pasca Musyawarah Daerah Kerukunan Keluarga Masyarakat Tanimbar (KKMT) ditanggal 26 Maret 2022 lalu ditindak lanjuti pelantikan dan pengukuhan ketua dan badan pengurus KKMT Kabupaten Sorong, masa bakti tahun 2022-2027, berlangsung di Alun-alun Aimas Kabupaten Sorong.

Ketua Umum KKMT Kabupaten Sorong, Heri Matruti dalam sambutanya mengatakan pelantikan dan pengukuhan ketua KKMT telah melalui perjalanan yang panjang, banyak hal-hal yang dilalui, baik secara internal maupun eksternal, dengan penuh kesabaran dan komitmen yang kuat maka terbentuklah kepengurusan KKMT dan pengurusnya pada saat ini.

” Perjalananya tidaklah mudah, hampir saja membuat kami patah semangat, melihat fenomena ini saya selaku ketua terpilih Musda di Kabupaten Sorong 2022, segala macam daya upaya, juga sarana yang diberikan kepada panitia, untuk membantu panitia demi menyukseskan acara pelantikan hari ini sangatlah banyak perjalanan yang harus ditempuh, tetapi dengan penuh tekat dan komitmen, puji tuhan akhirnya dapat di laksanakan dengan baik” ucap ketua Umum KKMT, Heri Matruti.

Iya menuturkan pelantikan hari ini adalah tonggak sejarah baru bagi masyarakat Tanimbar di Kabupaten Sorong, yang berhasil di tancapkan bersama tokoh Tanimbar melalui Musda dan pelantikan.

” Sebelumnya dalam mimpi panjang masyarakat Tanimbar Kabupaten Sorong untuk dapat membentuk organisasi ini, tetapi hari ini bisa terwujudkan, melalui pelantikan hari ini adalah bentuk ungkapan syukur kami yang telah diimpikan selama 15 tahun yang lalu oleh masyarakat Tanimbar yang berdomisili di Kabupaten Sorong dan Papua Barat umumnya” ungkap Heri.

” Saya menyadari sesungguhnya untuk menkonsolidasikan masyarakat Tanimbar di Kabupaten Sorong ini dengan jumlahnya cukup banyak bukan hal yang mudah, butuh kerja keras dan keseriusan dalam manajemen organisasi sehingga dapat terlaksana visi dan misi organisasi dapat terimplementasi dengan baik, saya selaku ketua KKMT Kabupaten Sorong bersama dengan pengurus siap membuka diri membangun dan membina kerjasama dengan semua elemen di Kabupaten Sorong, bersinergi dengan pemerintah, daerah TNI/Polri serta kerukunan kerukunan lintas suku yang lain, sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat terjaga dengan baik” ujarnya.

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, SH., M.si., mengatakan banyak orang-orang Tanimbar yang membawa terang di Kabupaten Sorong. Sehingga kabupaten Sorong menjadi seperti saat ini, terus menebarkan kebaikan bagi seluruh masyarakat yang ada dikabupaten Sorong.

” Mari kita jaga dan pertahankan bagi orang Tanimbar yang ada di Kabupaten Sorong, harus menjadi garam bagi masyarakat dan membawa kesejukan di Kabupaten Sorong, yangmana disebut anak-anak Allah adalah mereka yang membawa damai mereka yang membawa damai itu yang disebut anak-anak Allah, tetapi yang membawa pertengkaran membawa bukanlah anak-anak Allah, maka saya berharap bagi keluarga besar Tanimbar kita jaga ini terus ke depan. Orang yang mendua hati itu tidak ada jalan kalau kita satu hati maka akan berjalan terus ke depan satu hati satu jalan ke depan” kata Johny Kamuru.

Ia juga menyampaikan penghargaan kepada Kerukunan Keluarga Masyarakat Tanimbar yang sudah membentuk suatu wadah agar segala macam hal yang terkait dengan masyarakat Tanimbar dapat diselesaikan dengan baik.

” Terimakasih untuk ikatan keluarga Tanimbar, ini sudah ada wadah berarti sudah menjadi tempat kumpul, agar bagaimana dapat mengkonsolidasi masyarakat Tanimbar yang ada, kemudian karena sudah ada wadah seperti ini segala macam hal yang berterkait dengan masyarakat Tanimbar yang ada di Kabupaten Sorong, mari bicara dengan pengurus yang ada supaya databasenya harus jelas supaya ada program-program segala macam itu bisa kita lakukan” jelas Johny.

Gubernur Papua Barat, Dr. Dominggus Mandacan, M. Si., menyebutkan perlunya konsolidasi untuk semuanya terutama pengurus KKMT kabupaten Sorong yang baru dilantik dan dikukuhkan segera agar organisasi dapat berjalan.

” Program harus segera di buat, agar organisasi ini segera menjabarkan anggaran dasar, anggaran rumah tangga yang terkait dengan program-program dalam organisasi. Sehingga kita harapkan dapat dilaksanakan terutama dalam internal KKMT, tetapi juga secara eksternal kepada ikatan-ikatan kerukunan keluarga yang ada, untuk bisa saling koordinasi, saling komunikasi, saling mendukung, saling menjaga, saling melindungi, dan saling menjaga memelihara kita punya wilayah untuk menjamin terutama dalam keluarga KKMT harus hidup rukun dan damai, tetapi sesuai dengan ikatan-ikatan suku yang lain baik Nusantara maupun suku-suku Papua terutama ada yang di Kabupaten Sorong” beber Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

“Pengurus yang sudah dilantik dan dikukuhkan diharapkan kedepan di semua kabupaten, kota terbentuk tetapi di tingkat provinsi juga dapat dibentuk, karena ini sangat penting sekali sehingga pemerintah dapat tahu keberadaannya. Jadi kerukunan keluarga yang ada di Provinsi Papua Barat maupun yang ada di kabupaten, Kota yang ada di Papua Barat sehingga kita tahu persis pengurus-pengurus kerukunan keluarga masyarakat Tanimbar” ucap Dominggus mandacan.

Berdasarkan penetapan sususnanan kepengurusan Kerukunan Keluarga Masyarakat Tanimbar, Ketua Umum KKMT dijabat Heri Matruti, Wakil Ketua KKMT – Agustinus Sabono, Seketaris Umum KKMT – Yan Lodewik Filimditi SE, dan berdasarkan data di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, masyarakat Tanimbar yang tersebar di Kabupaten Sorong berjumlah 750 Kepala Keluarga (KK).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey