The news is by your side.

GOW Kabsor Peringatin Hari Kartini Ke-143

0

Matapapua – Aimas : Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sorong menggelar peringatan hari Kartini ke-143 dengan tajuk tema ‘Tetap hebat pasca pandemic, mendukung sukses presidensi G20 Indonesia Tahun 2022’, bertempat di Gedung Aimas Convention Center (ACC) Kamis (21/4/2022).

Ketua GOW Kabupaten Sorong, Ny. Hj. Rosmini Suko Harjono mengatakan peringatan hari Kartini ke- 143 di Tahun 2022, dilakukan secara sederhana, hikmat dan penuh semangat, karena masih dalam pasca pandemi COVID-19, namun nilai-nilai sejarah perjuangan RA. Kartini tetap tidak akan dimakan zaman.

” Peringatan hari Kartini pada tahun lalu, dan pada tahun ini masih berada di pasca pandemi Covid-19. Kita bukan sekedar memperingati layaknya tokoh Raden Ajeng Kartini Semata, tetapi ini adalah hari istimewa yang mana ratusan tahun RA Kartini menorehkan tonggak mulia, emansipasi dan pergerakan bagi kaum perempuan, Hari Kartini diperingati secara rutin setiap tanggal 21 April tidak sekadar hanya seremonial semata dengan menggunakan baju kebaya saja, tetapi harus dimaknai pergobananya bagi kaum perempuan” kata Rosmini.

Ia menuturkan Raden Ajeng Kartini menjadi tongkat sejarah bagi kebangkitan kaum perempuan Indonesia, melalui gerakan emansipasi yang dilakukan Kartini kini kehidupan perempuan Indonesia menjadi lebih baik, memiliki peluang untuk berkiprah dalam ranah Republik, memiliki kesamaan derajat dengan kaum lelaki serta semakin kuat kedudukannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tema tahun ini sangat relevan dengan kondisi pasca pandemi, dalam bulan Ramadan untuk tetap hebat dan melanjutkan perjuangan ibu Kartini tak melupakan harkat dan martabat perempuan Indonesia sebagai wanita perjuangan yang nyata dengan mendukung mensukseskan presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 yakni pulih bersama lebih kuat.

” Akibat tekanan Covid-19, 3 isu prioritas dari presidensi G20 Indonesia adalah satu aksikultur kesehatan global, dua transisi energi berkelanjutan, tiga transformasi digital dan ekonomi, dan juga banyak kegiatan-kegiatan pendukung dan salah satunya adalah perempuan” ucap Rosmini.

Ia berharap untuk merefleksikan ke belakang sekaligus komitmen untuk memberi kontribusi dalam mendukung suksesnya presidensi G20 adalah sudah terlaksananya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan hari Kartini mulai dari tahun 2017 hingga Tahun 2022 saat.

” Saya mengajak perempuan Kabupaten Sorong sebagai Kartini-kartini hebat akan menyikapi perkembangan zaman ini dengan menyadari peran dan fungsi perempuan sebagai penerus ibu Kartini, agar selalu terus berkarya dalam mendukung dan menjalankan program pemerintah sesuai dengan kedudukan dan fungsi kita masing-masing sebagai kaum perempuan, anaknya menjadi pelopor dan tampil di garis depan dalam mewujudkan cita-cita Raden Ajeng Kartini ” pungkasnya.

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, SH., M. Si., mengatakan dibulan suci Ramadhan umat muslim menjalankan ibadah puasa harus tetap semangat, sebagai kepala daerah menyampaikan apresiasi atas dukungan masyarakat selama ini, melalui momentum bulan Ramadhan ini, diharapkan dapat menjalankan ibadah dengan penuh sabar dan tawal agar mendapat kemenangan di akhirnya.

” Pada kesempatan dibulan ramadhan ini saya atas nama pribadi keluarga dan pemerintah daerah mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim yang berada di wilayah Kabupaten Sorong, semoga bulan yang penuh berkah ini menjadikan kita senantiasa diberkati Tuhan, dan menjadi berkat bagi kita dan juga orang di sekitar kita” ucap Bupati Sorong Johny Kamuru.

Memperingati hari Kartini setiap tahunnya bukan hanya sekedar membuat serimonial dengan simbol-simbol penghormatan tanpa nilai. Tapi justru penting bagaimana mampu mengambil keteladanan sosok pahlawan yang sangat dihormati dan juga sangat dibanggakan saat ini.

” Kita meneladani sosok Kartini dalam bagaimana visi-misi perjuangan seorang Kartini, sesuai tema peringatan Kartini Tahun 2022 ini adalah tetap hebat di masa demi mendukung sukses presidensi G20 Indonesial Tahun 2022 ” bebernya.

Bupati Sorong juga menyampaikan apresiasi, sebab peringatan hari Kartini pada kesempatan ini adalah peringatan yang terakhir bagi Bupati – wakil Bupati Sorong, Johny Kamuru – Suka Harjono diharapkan kedepanya peringatan Hari Kartini dapat dilakukan dengan baik dan lebih berkesan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey