The news is by your side.

Akhirnya Kabupaten Sorong Memiliki Gedung Perpustakaan Termegah di Tanah Papua

0

Matapapua – Aimas : Guna meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Sorong, pemerintah pusat membangun satu unit gedung perpustakaan megah, Kamis (16/12) yang dibangun di Kabupaten Sorong.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sorong, Yoab Mayor, SH, M.Si, mengatakan peresmian gedung layanan perpustakaan sepenuhnya dimanfaatkan untuk aktivitas layanan bidang tugas perpustakaan hal ini menjadi komitmen pemerintah pusat melalui perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

” Dengan peresmian dan pemanfaatan gedung baru sesuai peruntukannya khusus di bidang tugas perpustakaan maka aktivitas pelayanan yang selama ini berlangsung di gedung kantor lama dipindahkan ke gedung yang baru sedangkan se gedung yang lama masih tetap dimanfaatkan untuk menjalankan aktivitas layanan bidang tugas kearsipan dan sekaligus akan dijadikan depok arsip untuk mengolah menyimpan dan melestarikan arsip arsip statis di lingkungan pemerintah daerah kabupaten sorong yang akan di akuisisi perpustakaan dan kearsipan sebagai lembaga kearsipan daerah atau LKD” kata Yoab Mayor.

Dilanjutkannya, guna menghilangkan paradigma lama yang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah suatu tempat penyimpanan buku, paradigma ini perlu ditinggalkan karena merupakan penyebab terjadinya kemiskinan informasi di kalangan masyarakat yang seharusnya hidup dinamis sesuai dengan perkembangan zaman.

” Perpustakaan hanyalah suatu tempat penyimpanan buku, paradigma ini perlu ditinggalkan karena pemerintah telah menetapkan peningkatan akses dan kualitas layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai kegiatan dalam prioritas nasional keempat yaitu meningkatkan budaya literasi inovasi dan kreativitas perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya kemauan untuk menerima perubahan serta menawarkan kesempatan berusaha melindungi dan memperjuangkan budaya dan hak asasi manusia” lanjut Yoab Mayor.

Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru, SH., M. Si., memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perpustakaan nasional karena melengkapi visi misi Bupati dan wakil Bupati, terutama diakhir masa kepemimpinan dengan mewarisi SDM bagi generasi yang ada di Kabupaten Sorong.

” Ini luar biasa, ini sangat mewarisi SDM bagi kita punya generasi yang ada di Kabupaten Sorong, sesuai dengan Visi dan misi ‘Kabupaten Sorong Maju Bersama, Rakyat Cerdas, Sehat dan Sejahtera 2022’, sehingga ini meningkatkan minat baca, meningkatkan budaya baca masyarakat terutama generasi muda kita” ucap Johny Kamuru.

” Untuk generasi kedepan harus lebih baik lagi, istilahnya apa gunanya buku kalau tidak dibaca, apa gunanya dibaca kau tidak dihafal, apa gunanya dihafal kalau tidak menjadi ilmu, apa gunanya ilmu kalau tidak bermanfaat” ujarnya.

” Untuk jumlah buku di tahun depan akan dilakukan pengadaan guna melengkapi perpustakaan, kami memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat” tambah JK.

Sebagai Informasi, luas bangunan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Sorong yang diresmikan seluas 760 m² dengan ukuran panjang 36 meter dan lebar 20 meter, struktur bangunan terdiri dari dua lantai, lantai pertama terdiri dari ruang koleksi buku, ruang baca dan ruang bermain anak, ruang pengolahan buku, ruang multimedia atau TIK, ruang mushola, toilet pria wanita.

Lantai 2 terdiri ruang koleksi referensi, ruang pertemuan, ruang kepala dinas, ruang sekretaris dinas, tata usaha dan kepegawaian, ruang perencanaan ruang keuangan, ruang kepala bidang kepala seksi dan pustakawan, toilet pria dan wanita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey