The news is by your side.

Bangun Kemandirian, Koperasi Warmanda Mendapat Bantuan Pelatihan Manageman Ekonomi dari SKK Migas dan Petrogas

0

Matapapua – Aimas : SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama perusahaan, Petrogas (Basin) Ltd., didukung oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sorong, serta jasa penunjang katering perusahaan, PT. Indocater melaksanakan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Ekonomi yaitu Program Peningkatan Kemandirian Ekonomi Masyarakat berupa Pelatihan Manajemen Administrasi dan Pelatihan Quality Control yang ditujukan bagi pengurus dan anggota Koperasi Warmanda Sejahtera di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong.

Pelatihan ini adalah merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan oleh Petrogas (Basin) Ltd., dalam upaya untuk peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi. Melalui pelatihan ini, diharapkan produk sayur-mayur yang dikelola oleh Koperasi Warmanda Sejahtera yang berasal dari petani lokal dapat diserap oleh PT. Indocater.

Kepala BPPRD Kabupaten Sorong yang mewakili Bupati Sorong, Oktovianus Kalasuat, dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan ini.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Petrogas (Basin) Ltd. hari ini telah sesuai dengan visi dan misi dari Bupati Sorong, yaitu meningkatkan ekonomi kesejahteraan bagi masyarakat. Untuk itu kami berikan apresiasi kepada Petrogas (Basin) Ltd., karena telah menerjemahkan visi dari Pemerintah Daerah” kata Oktovianus Kalasuat.

Anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat, Yance Samonsabra menyambut baik pelaksanaan pelatihan ini, melalui kegiatan ini diharapkan dapat terus berkembang guna meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Hari ini dengan terbentuknya koperasi, saya harap nanti akan terus dikembangkan lagi melahirkan badan usaha lain untuk meningkatkan usaha ekonomi yang ada di wilayah ini” terangnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Humas Perwakilan SKK Migas Pamalu, Galih Agusetiawan, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan bekerja sama dengan pemerintah.

“Pelaksanaan PPM yang dilakukan oleh Petrogas ini merupakan bagian dari kewajiban tanggung jawab sosial dari setiap Kontraktor yang bermitra dengan pemerintah dalam kaitannya untuk memastikan kegiatan hulu migas dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai rencana operasionalnya” kata Galih Agusetiawan.

“Dengan dilakukannya pelatihan peningkatan kapasitas bagi anggota koperasi, diharapkan nantinya Koperasi yang dibentuk dapat terus mengembangkan diri dalam meningkatkan kualitas kemitraannya, hingga nantinya dapat turut mengajak para mitra lainya seperti Bumdes yang ada di sekitarnya untuk bisa berkolaborasi menciptakan kemandirian ekonomi desanya” tambah Galih.

Manager Field Relations & Communication, Marcus Rumaropen menyampaikan bahwa Petrogas (Basin) Ltd., dengan dukungan SKK Migas terus berupaya membantu meningkatkan standar ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan PPM bidang Ekonomi.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan standar ekonomi masyarakat, khususnya bagi masyarakat petani sayur yang berada di wilayah Distrik Aimas,” harapnya.

Selain pelatihan, dalam kegiatan kali ini juga dilakukan penyerahan peralatan pendukung pertanian oleh SKK Migas dan Petrogas (Basin) Ltd., untuk operasional anggota Koperasi Warmanda Sejahtera berupa enam alat penyemprot hama dan dua traktor bajak.

Giat pelatihan (29/10) dalam rangka pelaksanaan PPM Ekonomi ini dibuka oleh Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi BPPRD Kabupaten Sorong, Oktovianus Kalasuat dan dihadiri oleh Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, Yance Samonsabra, dan Kepala Departemen Humas Perwakilan SKK Migas wilayah Papua & Maluku (Pamalu), Galih Agusetiawan, Perwakilan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sorong, Syamsul Arifin, Kepala Distrik Aimas, Weynand N. Fami, Kepala Kelurahan Klabinain, Yakobus Kaliele, serta Ketua Jemaat GKI Mubarak, Pdt. Berlinda Hadi, berserta lebih dari 25 anggota koperasi yang terlibat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey