The news is by your side.

Ketua MRPB Melantik Panitia Pelaksana Seminar Dan Kongres I Suku Besar A3

0

Matapapua-Maybrat: Ketua Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) melantik panitia pelaksana seminar dan kongres I suku besar A3 (Ayamaru, Aitinyo dan Aifat) tahun 2021 sekaligus meresmikan sekretariat panitia kongres I. Acara pelantikan tersebut diselenggarakan di Fategomi Kabupaten Maybrat, Jum’at (10/9/2021).

Ketua MRPB, Maxsi Nelson Ahoren saat ditemui berharap agar panitia pelaksana segera menyelenggarakan seminar dan kongres sehingga dapat melakukan pemilihan kepala suku besar A3 dan akan terbentuk juga kepala sub suku. Melalui pelantikan ini, dirinya mengapresiasi kepada Bupati, kepala Distrik, kepala Kampung dan masyarakat yang telah menyukseskan acara pelantikan sehingga terlaksana dengan baik.

“Ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa karena pelantikan ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat di tanah Papua Barat terutama lagi di bumi A3 sehingga terbentuk kepala Suku besar dan sub suku di A3 ini,” ungkap Nelson Ahoren.

Ketua MRPB, Maksimus Nelson Ahoren

Sementara itu, ketua panitia yang baru dilantik, Semuel Kambuaya berjanji akan segera menyelenggarakan seminar dan kongres I. Dalam kongres tersebut akan menetapkan Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan musyawarah. Pemilihan kepala suku besar yang akan dilaksanakan ini guna memimpin masyarakat A3 di seluruh dunia yang berkedudukan di Maybrat.

Hal ini lanjutnya, guna menunjukkan eksistensi kearifan lokal yang ada di bumi A3 untuk memulihkan budaya pada jaman dahulu kala untuk mengetahui dan mengawal. Oleh karena itu harus menghadirkan kepala suku yang jelas untuk memimpin kemajuan budaya A3.

“Jadi ini akan kita butuh dukungan dari stakeholder dari Provinsi Papua Barat, pemerintah daerah, para tokoh dan seluruh masyarakat. Karena ini untuk menunjukan eksistensi budaya A3,” tutur Samuel.

Kegiatan kebudayaan orang Papua ini didukung penuh oleh Bupati Maybarat, Dr. Bernard Sagrim agar semua proses dan tahapan dapat terlaksana dengan baik guna memulihkan budaya orang A3.

Bupati Maybrat, Dr. Bernard Sagrim

“Saya selaku Bupati Maybrat pada prinsipnya mendukung penuh dan siap kerja apa yang mau dikerjakan. Karena mengurus orang Papua tidak bisa hanya bicara saja, tapi bicara sedikit pelaksanaannya harus banyak sesuai dengan apa yang dibutuhkan,” ungkap Bernard Sagrim.

Acara pelantikan tersebut disaksikan oleh Bupati Maybrat, masyarakat perwakilan dari wilayah A3, kepala Distrik, kepala Kampung, anggota kepolisian secara antusias hingga berakhir dengan aman dan tertib.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey