The news is by your side.

Pemda Tambrauw Komitmen Tingkatkan Industri Perikanan

0

Matapapua – Tambrauw : Komitmen Pemerintah Kabupaten Tambrauw untuk membangun dan mengembangkan potensi-potensi yang ada merupakan satu orientasi murni demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Atas dasar itulah, Pemerintah Tambrauw berkomitmen untuk mengembangkan industri perikanan di Perairan Tambrauw guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat menuju kondisi kehidupan yang sejahtera di wilayah tersebut.

Komitmen ini, dinyatakan Pemerintah Tambrauw melalui jalur koordinasi dengan pihak Pelabuhan Muara Baru dan kementrian terkait yang nantinya akan membangun kerja sama guna mengekspor potensi perikanan di Kabupaten Tambrauw.

Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tambrauw, Bartholomeus Assem, S.Pi, MP menjelaskan, berdasar pada Inpres no. 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat dalam sektor kelautan. Atas dasar itu, lanjutnya potensi ikan di perairan Tambrauw sangat menjanjikan dan ini yang perlu kembangkan sehingga potensi tersebut bisa terekspos secara baik. Ini, katanya kemudian telah mendapat respon positif dari Pusat karena adanya inpres tersebut dan potensi ikan di Tambrauw.

Kepala Dinas Perikanan Tambrauw, Bartholomeus Asem Saat Melakukan Koordinasi Dengan Pihak Muara Baru

“Potensi perikanan di Tambrauw sudah mendapat respon dari Pusat karena begini, kalau di Sorong sudah pengembangan perikanan sudah tidak bisa, sehingga Tambrauw menjadi titik fokus pengembangan perikanan,” jelasnya via telepon, Selasa (25/5).

Disebutkan, setelah berkoordinasi dengan Pelabuhan Muara Baru, pihaknya akan membangun kerja sama dalam bentuk pendampingan pengelolaan perikanan di Tambrauw.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah akan menyiapkan fasilitas pendukung industri perikanan seperti, listrik, air bersih, bandara. Jika, lanjutnya fasilitas tersebut telah terpenuhi maka pihak Muara Baru akan berkoordinasi dengan berbagai pengusaha ikan untuk mengambil ikan di Tambrauw.

“Ini merupakan sebuah komitmen untuk membangun pasar sehingga ketika masyarakat sudah bisa kelola sendiri maka pengolahan ikan sudah bisa dilakukan tanpa pendampingan,” jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey