The news is by your side.

SMKN 1 Siapkan Manusia Unggul Siap Pakai

0

Matapapua – Tambrauw : SMKN 1 Yembun saatu-satunya sekolah kejuruan yang ada di Distrik Yembun Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat. SMKN 1 yang kini hanya memiliki dua kejuruan yakni bidang pertanian dan perikanan sudah menamatkan 4 angkatan.

Sekolah dengan mengedepankan orientasi menciptakan manusia unggul dan ahli dalam bidang pertanian dan perikanan, memiliki berbagai macam terobosan untuk menguji keahlian siswa di bidangnya. Salah satu penerapan sistem uji adalah ujian kompetesi kejuruan (UKK).

Kepala Sekolah SMKN 1 Yembun, Agustinus Naa, S.Pd menjelaskan, kegiatan UKK ini dilakukan setiap tahun bagi siswa kelas 12 yang akan mengikuti ujian akhir di sekolah, baik teori dan ujian kompetensi keahlian masing-masing jurusan yang ada di SMK se-Papua Barat.

“Kita biasanya adakan UKK ini setiap tahun untuk menguji kemampuan siswa dan bidangnya sehingga nanti setelah tamat mereka siap dipakai di lapangan secara mandiri baik di dunia usaha maupun industri,” jelas Agustinus via telepon seluler, Rabu (31/3).

Siswa – siswi SMKN 1 sedang melakukan ujian praktek menanam Jagung Manis dan Rica.

Menurutnya, dengan adanya tes kemampuan ini, siswa-siswa telah disiapkan untuk kemudian terjun di dunia usaha secara mandiri sehingga mindset mereka tidak selalu berharap untuk mengikuti tes PNS, tetapi dengan kualitas diri yang sudah matang dan mantap menjadi modal untuk bekerja di bidang usaha lain.

Diakui bahwa output dari UKK di bidang pertanian sudah terbukti dan hasilnya untuk pemenuhan kebutuhan dan juga dijual keluar daerah.

“Apalagi kita di SMKN 1 ini, sudah beberapa tahun terakhir menghasilkan rica atau cabe yang kemudian sudah dipasarkan ke Sorong,” akunya.

Disebutkan UKK jurusan pertanian lebih pada pembuatan bedengan, pemasangan plastik mulsa untuk tanaman jagung manis dan rica guna ketahanan pangan Tambrauw. Sementara UKK di bagian perikanan, lanjutnya Ukk jurusan perikanan diantaranya pembuatan kolam ikan lele menggunakan terpal untuk kemudian melakukan budidaya ikan air tawar.

Dengan berbesar harapan melalui seluruh kegiatan UKK ini tentu dampak positif mestinya dicapai oleh masing-masing peserta didik. Karena UKK ini merupakan bekal diri untuk nantinya berwira usaha lanjutan guna menunjang perekonomian rumah tangga maupun daerah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey