The news is by your side.

Pelaku UMKM di Sorong Menerima Bantuan Kemitraan Rp 1.45 Milyar Dari Pertamina

0 264

Matapapua – Sorong : Penyaluran Program Kemitraan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VII Kasim sebagai bentuk kepedulian pertamina kepada masyarakat ditengah pandemi COVID-19, program dimaksud berupa pemberian modal usaha kepada pelaku usaha micro kecil dan menengah (UMKM), agar dapat mendorong perekonomian masyarakat lebih meningkat.

Unit Manager Communication Relation and CSR Pertamina RU VII Kasim, Doddy Yapsenang dalam laporannya mengatakan, bantuan modal usaha yang diberikan sebanyak Rp1,45 Milyar diberikan kepada 28 Mitra dan direncanakan masih akan menyalurkan dana melalui program serupa, bantuan kepada pelaku usaha ditujukan untuk beberapa sektor industri, sektor perdagangan, sektor pertanian, sektor peternakan, sektor perikanan yang ada di Kabupaten Sorong, Kota Sorong dan Sorong Selatan.

” Kami mengapresiasi kepada pemerintah dan masyarakat atas dukungan, harapan kami program kemitraan Pertamina ini dapat membantu UMKM, agar bisa bertahan pada masa pandemi yang terjadi sekarang ini, pemberian modal ini dapat menjadi penopang yang kuat bagi kita semua khususnya pelaku UMKM” kata Doddy Yapsenang, Jumat (18/9).

Vice President CSR and SMEPP PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita menjelaskan program kemitraan ini diperuntukan bagi Usaha Micro Kecil dan Menengah, pinjaman ini sebagai penambah modal usaha, dengan administrasi murah, karena program pertamina ini adalah bagian program community development.

” Program ini bentuknya berupa pinjaman modal usaha dengan biaya murah, untuk rekan-rekan yang merintis usahanya, diusaha kecil dan menengah, melihat rekan-rekan usaha yang kecil di masa pandemi COVID-19 ini sangat membutuhkan dorongan, dukungan salah satunya adalah modal usaha” ucap Arya.

Melalui pinjaman secara bergulir ini akan memberikan manfaat kepada pemilik usaha maupun kepada masyarakat sekitar pelaku usaha, harapannya agar tercipta lapangan kerja, kesempatan-kesempatan kerja di usaha kecil ini menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan harapannya juga dapat bermanfaat bagi pelaku usaha kecil yang lainnya.

” Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah atas dukungannya serta bimbingannya sehingga ini bisa tepat sasaran, memang kondisi pandemi ini pastinya terdampak pada perekonomian masyarakat dengan adanya program ini bisa meminimalisir dan justru akan membangkitkan kembali semangat wirausaha” jelas Arya.

Arya menambahkan, Pertamina di RU VII Kasim dan MOR VIII dengan cakupan wilayah kerja di Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara berkomitmen untuk terus mendukung UMKM yang ada di Papua Barat.

” Selain dukungan finansial, kami juga melakukan pendampingan pada program kemitraan ini antara lain pelatihan, juga pembinaan, selain itu nantinya juga membantu proses untuk mendapatkan sertifikat Halal serta sertifikat BPOM agar semua usaha-usaha ini dapat tumbuh dan berkembang” kata Arya.

Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru, SH., M. Si., memberikan apresiasi kepada Pertamina atas kemitraan dan kerjasamanya yang mana telah membantu masyarakat, ini merupakan hal yang sangat bagus bagi masyarakat di masa pandemi yang terjadi sekarang ini.

” Terima kasih kepada pertamina yang mana memberikan bantuan kepada masyarakat melalui modal usaha micro kecil dan menengah ini sangat membantu sekali agar perekonomian masyarakat bisa kembali pulih, saya sangat mendukung terutama OPD-OPD yang mana sudah punya program-program nyata yang kiranya dapat bersinergi dengan pihak-pihak swasta yang beroperasi di Kabupaten Sorong ini akan lebih baik ” ucap Bupati Sorong, Johny Kamuru.

Di Tahun 2020 pertamina MOR VIII Kasim akan menyalurkan program kemitraan sebesar Rp3 Milyar, ditargetkan hingga akhir tahun 2020, penyaluran dana program kemitraan mencapai Rp18 Milyar tersebar di Maluku dan Papua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey