The news is by your side.

Wakil Bupati Maybrat Membuka Turnamen Fraharoh Cup

0

Matapapua -Maybrat : Bupati Maybrat, Drs. Paskalis Kocu,M.Si membuka kegiatan turnamen Fraharoh Cup dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 RI pada tanggal 17 Agustus 2020 mendatang. Turnamen tersebut akan menyelenggarakan Dua jenis pertandingan diantaranya Fot sal dengan jumlah peserta putera sebanyak 20 peserta dan puteri sebanyak 10 peserta. Sementara lomba tok sbe tidak membatasi peserta.

Paskalis Kocu saat ditemui mengatakan kegiatan yang dilakukan tersebut membangkitkan ketrampilan para pemuda di bidang olah raga yang perlu diperhatikan pemda agar mampu membawa nama Maybrat di luar daerah. Oleh karena itu pemda memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 10 Juta untuk melancarkan kegiatan tersebut.

Pembukaan Lempar Tok Sbe Oleh Kepala Kampung Fraharoh

Ditambahkannya, melalui HUT ke-75 RI, pemuda bersama masyarakat bangkit bersatu untuk membangun Maybrat dengan semangat Pancasila.

“Kegiatan ini merupakan rasa cinta masyarakat Maybrat terhadap negerinya. Oleh karena itu masyarakat menyelenggarakan turnamen guna memeriahkan Hut RI,” kata Paskalis Kocu, Senin (10/8/2020)

Sementara itu ketua panitia turnamen Fraharoh Cup, Yosepus Kambu menjelaskan bahwa lomba tok sbe merupakan warisan para orang tua Maybrat tempo dulu yang digunakan pada saat berburu binatang liar di hutan.

Tok sbe tersebut merupakan sebatang kayu runcing seperti tombak dengan panjang 1 meter. Peserta tok sbe per grup sebanyak 5 orang. Apabila peserta berhasil melempar tok sbe dan tertancap pada sebatang pohon, maka dinyatakan pemenangnya dan akan mendapat hadiah berupa uang sebesar Rp 10 Juta. Sementara juara 1 Fut sal memperoleh hadiah berupa uang sebesar Rp 5 Juta

“Supaya Hut RI diperingati lebih meriah, kami pemuda didukung dengan masyarakat dan kepala Distrik Ayamaru beserta kepala Kampung menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai bentuk mempererat persatuan kami,” kata Yosepus

Yosepus Kambu optimis bahwa kegiatan turnamen tersebut akan terlaksana dengan aman karena dikawal ketat oleh pihak keamanan TNI, Polri dan Sat Pol PP dan masyarakat sangat antusias terselenggaranya tournament tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey