The news is by your side.

Pemkab Sorong Kucurkan Rp70 Juta Untuk Mahasiswa Moi Diberbagai Kota Studi

0 115

Matapapua – Aimas : Dampak COVID-19 membuat seluruh masyarakat merasakan akibatnya, termasuk mahasiswa yang sedang menuntut ilmu diluar kota, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah kabupaten Sorong kepada mahasiswa yang studi diluar daerah ditengah pandemi COVID-19 ini, diwujudkan dengan meringankan bantuan yang diserahkan langsung oleh Bupati Sorong berupa uang tunai sebesar Rp70 juta secara simbolis kepada mahasiswa Moi melalui ketua Himpunan Mahasiswa Moi (Himamsi), Selasa (26/5) bertempat di Pendopo Kediaman Bupati Sorong.

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, SH., M. Si., mengatakan ditengah pandemi COVID-19 ini hampir semua aspek kehidupan merasakan dampaknya, baik masyarakat maupun mahasiswa yang berada di kota studi, akibat dari COVID-19 ini, membuat mahasiswa tidak berdaya, tapi disatu sisi manusia wajib mempercayai bahwa Tuhan mempunyai maksud baik bagi semuanya.

” Bantuan ini semoga bisa meringankan beban mahasiswa yang menuntut ilmu diluar kota asalnya, semoga mahasiswa dapat mengambil kesempatan yang terbaik untuk belajar sungguh-sungguh agar mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, dapat membangun Kabupaten Sorong lebih baik kedepanya. Kepada seluruh mahasiswa mungkin apabila ada kesempatan untuk mengikuti organisasi bisa ikut, yang penting jangan sampai organisasi itu membuat kesempatan kuliah kita menjadi terancam” kata Bupati Sorong Johny Kamuru.

Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong, Amatus Turot, S. Hut., mengatakan dampak dari COVID-19 ini dirasakan semua elemen, baik masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong maupun pelajar yang ada diluar Sorong, salah satu kelompok ikut terdampak yakni mahasiswa sehingga melihat situasi ini, Bupati Sorong mengambil suatu kebijakan dalam menanggapi situasi ini, dengan memberikan bantuan sehingga dapat meringankan biaya hidup di kota studi luar Sorong.

” Sebagai pimpinan di OPD teknis terkait pertama mengucapkan syukur kepada Tuhan menghadirkan seorang bupati yang luar biasa yang sangat responsif yang sangat memahami tentang situasi sosial yang terjadi di Kabupaten Sorong, yang selalu cepat memberikan kepedulian kepada seluruh masyarakat yang merasakan dampak dari COVID-19″ ucap Amatus Turot.

Ketua Himpunan Mahasiswa Moi Se-indonesia (Himamsi), Yohanes Paa menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sorong dengan memberikan bantuan kepada mahasiswa Moi, bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban mahasiswa yang masih bertahan di kota studi ditengah pandemi COVID-19.

” Diprioritaskan bagi mahasiswa di kota studi di masing-masing di luar Papua, selain daripada bantuan itu saya sebagai ketua Himamsi mengatakan kepada teman-teman mahasiswa yang masih berada di luar Tanah Papua terkait bantuan yang ada ini agar teman-teman jangan melihat dari besar-kecil nilainya, tetapi teman-teman melihat betapa iklasnya kepala daerah kita yaitu Bupati dengan memberikan bantuan kepada teman-teman di kota study, agar bisa meringan beban kita” ujar Yohanes Paa.

Bantuan sebesar Rp70 juta dicairkan dalam dua tahap, untuk tahap pertama Rp40 juta sudah di serahkan kepada mahasiswa yang berada di Papua Barat dan Papua, yaitu Jayapura dan Manokwari, dan tahap berikutnya kepada 58 mahasiswa yang berada di luar Papua yaitu di 15 kota sebesar Rp30 juta. Mekanisme penyaluran bantuan diberikan kepada pengurus Himamsi yang kemudian didistribusikan atau ditransfer kepada seluruh Kordinator yang ada disetiap wilayah studi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Ernie Stautner Authentic Jersey